Bayi Baru Lahir Sering BAB, Normalkah?

KBRN, Singaraja: Bayi yang baru lahir biasanya memiliki pola buang air besar (BAB) yang lebih sering, bahkan mencapai 10 kali dalam sehari. 

Hal tersebut normal karena sistem pencernaan bayi masih belum berkembang sempurna. 

Sering BAB juga menandakan bahwa bayi tidak mengalami dehidrasi atau sembelit. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 6 minggu pertama setelah bayi dilahirkan.

M. Biomed., Sp. A mengatakan bayi yang diberi ASI (Air Susu Ibu) saja cenderung BAB lebih sering

“Kadang 4-6 kali sehari. Hal ini wajar, bukan diare karena protein pada ASI paling gampang dicerna tidak seperti protein pada susu formula,” jelas dokter spesialis anak, dr. Luh Gede Yulia Dewi.

Meski bayi baru lahir lahir sering BAB merupakan hal yang normal terjadi, orang tua tetap tidak boleh lengah. Orang tua harus waspada atau konsul ke dokter jika bayi mengalami kondisi tertentu yang disebut dengan kolik infantile.

“Ciri-ciri bayi mengalami kolik infantile yaitu sakit perut hilang timbul terutama pada bayi yang diberi susu formula atau bisa juga yang diberi ASI namun kasusnya lebih jarang terjadi. Klinisnya bayi terkadang rewel, menangis seperti kesakitan. Kemudian terkait fesesnya biasanya bercampur darah, kalau terjadi konstipasi, atau BAB sering lebih dari 10-15 kali,” ujar dokter anak yang berpraktik di RS Parama Sidhi dan Kertha Usada Singaraja ini.

(Foto: kidspot.co.nz)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00