Mengapa Alis Pria Semakin Lebat Saat Menua

(Ilustrasi)

KBRN, Chicago: Sejumlah pria yang mulai menua umumnya memiliki alis yang membesar, rambut telinga yang panjang dan bulu hidung yang sepertinya tidak pernah berhenti tumbuh. 

Sebaliknya, rambut wanita, termasuk alisnya, cenderung menipis seiring bertambahnya usia. Jadi mengapa bulu di wajah pria sering menjadi lebih lebat di usia tua, sedangkan wanita tidak?

Rambut pria yang lebih tua dipengaruhi oleh kadar hormon yang tinggi – yaitu, testosteron – hingga usia tua. Hormon-hormon ini memiliki efek yang lebih besar pada folikel rambut dari waktu ke waktu, menurut Dr. Danilo Del Campo, seorang dokter kulit di Chicago Skin Clinic. Sementara itu, hormon estrogen, yang meningkatkan pertumbuhan dan diameter rambut, cenderung menurun pada wanita setelah menopause, menurut ulasan tahun 2020 di International Journal of Molecular Sciences.

Namun, lokasi di mana rambut tumbuh, seberapa cepat ia tumbuh, dan tekstur serta warnanya dipengaruhi genetika, usia, nutrisi, kesehatan, dan jenis kelamin, menurut Dr. Marie Jhin, presiden Premier Dermatology di San Carlos, California.

"Hormon dan berbagai respons terhadap hormon adalah alasan utama perbedaan antara pria dan wanita mengenai rambut," kata Del Campo, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (24/10/2021).

Semua rambut di tubuh tumbuh dari folikel rambut. Siklus hidup folikel ini memiliki tiga fase: fase pertumbuhan (anagen), fase transisi dua minggu (catagen) dan fase dorman selama berbulan-bulan (telogen). Setelah folikel rambut tidak aktif, rambut akhirnya rontok – kadang-kadang disebut fase eksogen, menurut tinjauan tahun 2020. Proses kemudian dimulai kembali pada fase anagen.

Rambut di berbagai bagian tubuh tumbuh berbeda karena panjang fase ini berbeda. Rambut kulit kepala memiliki fase anagen terpanjang, biasanya berkisar antara dua hingga tujuh tahun, kata Del Campo. "Namun, bulu alis dan tempat penumbuh rambut lainnya sangat berbeda," katanya.

Semakin pendek fase anagen folikel rambut, semakin pendek rambut di bagian tubuh itu saat tidak aktif. "Alis memiliki fase anagen yang sangat pendek sekitar 30 hari - itu saja," kata Del Campo. Periode pertumbuhan yang singkat ini diikuti dengan fase istirahat yang diperpanjang, yang menjelaskan mengapa bulu alis biasanya hanya 0,4 inci (1 sentimeter) atau kurang.

"Jika fase anagen lebih lama, maka orang akan sering menggunakan gunting di tukang cukur mereka untuk memangkas alis mereka," kata Del Campo - persyaratan perawatan yang menjadi penting bagi beberapa pria seiring bertambahnya usia.

Panjang fase yang berbeda dipengaruhi oleh hormon yang beredar di dalam tubuh. "Siklus rambut, serta struktur folikel rambut, sangat dipengaruhi oleh berbagai hormon," kata Jhin kepada Live Science melalui email. Secara khusus, pria sering kali memiliki kadar androgen yang tinggi, terutama testosteron, sedangkan wanita cenderung memiliki kadar androgen yang lebih rendah. Androgen inilah yang menjadi alasan mengapa rambut pria tumbuh lebih cepat, tambahnya.

Seiring bertambahnya usia pria, beberapa folikel rambut tumbuh lebih sensitif terhadap hormon ini dari waktu ke waktu, menurut Jhin. Saat folikel tumbuh lebih sensitif terhadap androgen, hormon menjaganya dalam fase anagen lebih lama, yang menyebabkan lebih banyak pertumbuhan rambut seiring bertambahnya usia di tempat-tempat seperti alis, hidung, dan telinga.

Menariknya, dan agak misterius, folikel rambut di kulit kepala bereaksi berbeda terhadap testosteron, sebenarnya memperpendek siklus pertumbuhannya ketika kadar testosteron meningkat, menurut Jhin. Jadi itulah mengapa beberapa pria yang lebih tua memiliki alis berbulu, bulu hidung panjang dan bulu kuping yang lebat, tetapi kepala botak.

"Alis pria cenderung terus tumbuh lebih besar sampai usia yang lebih tua (dan ini juga berlaku untuk rambut telinga dan hidung)," kata Del Campo. "Pada wanita, ada tingkat testosteron yang lebih rendah."

"Saat pria terus memproduksi androgen sampai usia 70-an," kata Jhin, "hormon wanita menjadi habis dengan menopause sekitar usia 50."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00