Kenali Asam Salisilat dan Fungsinya bagi Kulit

Ilustrasi (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Asam salisilat atau salicylic acid, adalah senyawa aktif asam beta hidroksi.

Senyawa aktif tersebut secara umum bermanfaat untuk mengobati jerawat, kutil, psoriasis dan gangguan kulit lainnya. Kulit itu sendiri merupakan organ terbesar manusia yang rentan untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Lalu sebenarnya apa itu asam salisilat dan apa fungsinya bagi kulit? Berikut rangkumannya.

Asam salisilat bersifat keratolitik yang bekerja dengan cara meningkatkan kadar kelembaban kulit dan melarutkan zat penyebab sel-sel kulit mati saling menempel. Proses tersebut nantinya akan merangsang terjadinya regenerasi sel pada kulit. 

Dilansir dari laman resmi American Academy of Dermatology (AAD), produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat bermanfaat untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, meliputi:

• Pustula, yaitu jerawat berisi nanah.

• Papula, yakni benjolan kecil dan keras yang mungkin terasa kasar atau bertekstur pada kulit.

• Komedo hitam yang berkembang sebagai akibat dari penyumbatan folikel rambut.

• Komedo putih atau whiteheads yaitu folikel rambut yang benar-benar tersumbat

Selain itu, asam salisilat juga dipercaya dapat membantu mencegah kemunculan jerawat di masa mendatang, sehingga lazim digunakan sebagai produk perawatan kulit untuk mencegah jerawat.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan asam salisilat, antara lain:

1. Menguji terlebih dahulu produk apa pun yang mengandung asam salisilat pada area kecil kulit, sebelum mengaplikasikannya ke area yang luas.

2. Bila penggunaan produk kosmetik dengan asam salisilat membuat kulit mengalami atau rasa perih berkepanjangan, segeralah hentikan penggunaan produk dan hubungi dokter kulit.

3. Ikuti petunjuk penggunaan pada label produk obat atau resep yang diberikan dokter. Pastikan untuk tidak melebihi pemakaian yang direkomendasikan.

4. Hindari penggunaan produk yang mengandung asam salisilat pada bayi dan anak-anak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00