Ini Penyebab Kulit Tangan Mengelupas  

Ilustrasi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah mengelupas, bahkan kebanyakkan orang sering kali mengalami di bagian telapang tangan. 

Hal ini memang umum terjadi dan tidak membahayakan, tetapi rasa tidak nyaman mungkin saja dirasakan. Walaupun biasanya tidak menimbulkan masalah serius, hal ini dapat dikaitkan dengan beberapa kondisi medis, sehingga diagnosisnya sangat penting untuk dilakukan. 

Untuk tahu segala penyebab dari masalah pada kulit ini, berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. Paparan sinar matahari

Salah satu penyebab kulit tangan mengelupas adalah paparan sinar matahari. Saat tangan terlalu lama terpapar sinar matahari, kulit di punggung tangan dapat terlihat merah dan bahkan sakit saat disentuh. Beberapa hari setelahnya mungkin kulit akan mengelupas. 

Saat terjadi, kamu dapat merawatnya dengan pelembap dan kompres dingin agar mudah sembuh. Selain itu, anda juga dapat menghindari kulit tangan mengelupas dengan mengoleskan krim tabir surya, tetapi juga tidak mengiritasi kulit. 

Pastikan krim ini memiliki faktor perlindungan matahari minimal 30. Lakukan metode ini secara teratur, terutama saat kamu banyak terkena paparan sinar matahari.

2. Iklim

Kondisi cuaca yang sangat kering juga dapat mengeringkan kulit, menyebabkan pengelupasan atau pecah-pecah. Selain itu, panas, angin, dan tingkat kelembapan juga dapat memengaruhi kulit tangan.

Untuk mencegah kulit tangan mengelupas, kamu bisa menggunakan air dingin atau suam-suam kuku saat mandi atau mencuci tangan. Selain itu, penggunaan pelembap setelah mandi juga penting untuk dilakukan.

3. Bahan Kimia

Beberapa bahan kimia juga dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas. Bahan kimia yang terdapat dalam wewangian pada sabun, sampo, dan pelembap, mungkin saja menyebabkan iritasi pada kulit tangan. Jika dibiarkan, pengelupasan pada kulit dapat terjadi.

Kulit anda juga dapat teriritasi oleh bahan antibakteri dan pengawet dari produk tertentu. Penyebab iritasi yang membuat kulit tangan mengelupas juga dapat disebabkan oleh bahan kimia keras yang terpapar di tempat kerja. 

Contohnya seperti bahan perekat, detergen, atau bahan pelarut. Untuk menghentikan iritasi, hindari kontak langsung dengan sumber iritasi. Dengan begitu, risiko untuk kulit tangan mengelupas lebih kecil.

4. Mencuci tangan terlalu sering

Anda juga dapat mengalami kulit tangan terkelupas karena mencuci tangan secara berlebihan. Dengan sering mencuci tangan, bahan kimia pada sabun dapat mengikis lapisan lipid pada permukaan kulit. 

Hal ini menyebabkan sabun menyerap ke lapisan kulit yang lebih sensitif, yang menimbulkan iritasi dan pengelupasan. Memang, mencuci tangan sangat ampuh untuk mengurangi penyebaran kuman, termasuk virus penyebab COVID-19. 

Jika dirasa tangan kamu sudah menimbulkan tanda-tanda terkelupas, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif.

5. Reaksi alergi

Alergi juga dapat menimbulkan reaksi berupa kulit tangan mengelupas. Saat kamu bersentuhan dengan sumber alergi, kulit dapat menjadi merah dan gatal yang akhirnya melepuh lalu mengelupas. Reaksi alergi bukan hanya menyebabkan kulit mengelupas, tetapi bisa juga alami bengkak hingga syok anafilaksis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00