Perawatan Kulit Ini Perlu Dilakukan Setiap Hari

KBRN, Padang: Rutin melakukan perawatan kulit dan menggunakan produk skincare yang tepat, bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit Anda, mulai dari memberi nutrisi pada kulit, melindungi dan menjaga kelembapan kulit, hingga memperlambat proses penuaan alami pada kulit.

Tak hanya itu, dengan kulit yang lebih sehat, Anda juga bisa tercegah dari sejumlah masalah kulit, seperti kulit keriput, flek atau bitnik kehitaman di kulit, hingga kanker kulit. Dengan kulit yang sehat dan cerah, penampilan Anda pun bisa menjadi lebih baik dan hal ini tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri dan self-love.

Perawatan Kulit yang perlu Anda Lakukan

Mengutip www.alodokter.com munci utama perawatan kulit adalah mencuci, melembapkan, melindungi, dan mencegah kulit dari kerusakan. Beberapa perawatan kulit yang perlu rutin Anda lakukan antara lain:

1. Mencuci muka

Idealnya, Anda perlu mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari, yakni pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, untuk membersihkan wajah dari debu, kuman, polusi, dan minyak atau sebum berlebihan yang menempel di kulit. Pilihlah sabun pembersih wajah yang berbahan kimia lembut dan tidak mengiritasi kulit, misalnya yang tidak mengandung zat antibakteri, dan pewangi. Ini karena pembersih wajah dengan bahan kimia keras bisa membuat minyak alami kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kering dan iritasi.

2. Menggunakan pelembab

Rutin menggunakan pelembap wajah termasuk perawatan kulit yang penting untuk Anda lakukan. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelembapan alami kulit, serta mencegah kulit menjadi kering dan rusak.Guna menjaga kelembapan dan tekstur alami kulit, Anda bisa menggunakan pelembap dengan kandungan humektan, misalnya glycerin, hyaluronic acid, ekstrak lidah buaya, dan urea.Namun, jika masih dirasa kurang lembap atau Anda memiliki jenis kulit yang kering, cobalah menggunakan pelembap yang mengandung dimethicone, minyak mineral, petrolatum, atau shea butter.

3. Memakai serum

Serum adalah produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang lebih kuat untuk menutrisi kulit sehingga lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit, seperti hiperpigmentasi, kulit kusam, dan penuaan.Selain serum, essence juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu rangkaian skincare ruin Anda. Pada dasarnya, kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja tekstur essenceumumnya lebih cair dibandingkan serum.Beberapa kandungan serum, yaitu vitamin C, vitamin E, hyaluronic acid, dan asam ferulic, juga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas karena mengandung efek antioksidan.Jenis serum pun bermacam-macam dan bisa disesuaikan dengan beragam kondisi dan masalah kulit, seperti serum untuk mencerahkan kulit, serum untuk kulit jerawat, dan serum untuk anti-aging.

4. Menggunakan tabir surya

Penggunaan sunblock atau tabir surya adalah salah satu perawatan kulit yang wajib Anda lakukan setiap hari, baik ketika di luar maupun di dalam ruangan.Produk ini dapat melindungi Anda dari bahaya paparan sinar matahari atau sinar UV berlebihan yang dapat menyebabkan sunburn, penuaan dini kulit, flek hitam, atau bahkan kanker kulit.Agar bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV secara optimal, Anda dianjurkan untuk memilih tabir surya dengan SPF minimal 30. Cobalah gunakan sunscreen dengan kandungan zinc oxide, titanium dioxide, iron oxide, atau avobenzone yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan UVA dan UVB.

Jika Anda hendak beraktivitas di bawah terik matahari dalam waktu yang cukup lama, Anda dianjurkan menggunakan tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi. Setelah beberapa jam, Anda juga perlu kembali mengoleskan tabir surya, jika masih beraktivitas di luar ruangan.Selain beberapa langkah di atas, Anda juga perlu melakukan eksofliasi secara rutin, yakni kurang lebih 2 kali per minggu. Perawatan kulit ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan jaringan kulit baru yang sehat.

Foto: Istimewa

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00