FOKUS: #PPKM MIKRO

Tiga Tahap Indonesia Menuju Endemi

Ilustrasi / Pekerja sektor pariwisata mengikuti tes

KBRN, Jakarta: Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengungkapkan, terdapat tiga tahap transisi Indonesia dari situasi pandemi menuju endemi.

"Saya kira mungkin ada tiga tahap, tahap pertama adalah persiapan, tahap kedua adalah tahap menuju transisi, kemudian kita hidup bersama endemi," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK, Agus Suprapto, dalam Dialog KPCPEN secara virtual, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (19/10/2021).

Agus mengatakan, saat ini Indonesia tengah dalam tahap persiapan.

Pemerintah pun terus memperkuat langkah preventif.

"Misalnya vaksinasi 70 persen, kemudian porkes tetap jalan dengan baik, pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment) tetap bisa dijalankan. Itulah tahap persiapan," ujarnya.

Menurutnya, saat ini kondisi Covid-19 di Indonesia terbilang rendah, sehingga memungkinkan Indonesia memasuki tahap persiapan menuju transisi.

"Targetnya apa, pertama kita harus bisa mengendalikan jumlah kasus berat menurun, namun jumlah yang di rumah sakit mengecil, dan yang meninggal juga kecil," kata Agus.

Agus menuturkan, Indonesia patut bersyukur dengan situasi kasus Covid-19 di dalam negeri yang saat ini sudah cukup terkendali, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas, baik di bidang pendidikan, keagamaan, dan ekonomi.

"Namun, kami juga mengingatkan betapa pentingnya kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat harus tetap waspada dan ketat protokol kesehatan karena virus masih bisa saja bermutasi," tandasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00