Ini Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental

Foto Ilustrasi / fimela.com

KBRN, Cirebon: Menjaga kesehatan mental menjadi penting terlebih di era pandemi Covid-19, dimana banyak warga berpotensi depresi, stres karena kurangnya aktivitas.

Masalah kesehatan mental tidak boleh disepelekan, dan salah satu alternatif untuk menguranginya yaitu dengan berolahraga. 

Masalah kesehatan mental dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa, biasanya menurunkan fisik atau imun tubuh akibatnya sistem saraf pusat terganggu khususnya amigdala di otak, (amigdala yakni bagian otak yang berkaitan dengan proses emosional). 

Biasanya gangguan berawal dari stres dan gelisah, meski tidak menutup kemungkinan dipicu depresi, bipolar, maupun masalah kesehatan mental lain.

Cara mengatasinya, bisa menjalani hari tanpa rasa stres maupun gelisah. Nah, salah satu cara mudah terbebas dari stres adalah dengan berolahraga. Kira-kira olahraga apa saja yang ampuh menghilangkan stres? 

Berikut jenis olahraga yang bisa meningkatkan stamina sekaligus ampuh menghilangkan stres dari pikiran.

1. Jalan santai atau jalan cepat

Berjalan merupakan salah satu olahraga paling mudah dilakukan. Olahraga dengan kaki digerakkan berulang selama latihan bisa membantu melepaskan ketegangan otot, menenangkan sistem saraf, dan juga melatih pernapasan  jadi lebih baik.

2. Menari 

Menari atau dance bisa membantu meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Otot dalam tubuh akan menegang dan melakukan relaksasi selama melakukan gerakan tari. Selain itu, setiap gerakan tari juga dapat meningkatkan detak jantung.

Menari bermanfaat untuk menghilangkan stres dan pikiran kembali fresh. Iringan musik up beat juga dapat menurunkan gejala stres dan depresi, dan terbukti dapat meningkatkan semangat selama melakukan latihan.

3. Yoga

Berbagai pose yoga yang membuat tubuh menjadi lebih lentur ternyata mampu mengurangi ketegangan otot. Latihan untuk memusatkan pikiran melalui pernapasan dalam, bisa memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengelola stres.

Yoga sendiri bisa dilakukan di rumah dengan panduan dari video atau mengikuti kelas yoga khusus pemula bersama orang lain dan pelatih yoga. 

4. Olahraga rekreasi

Olahraga rekreasi terdiri dari berbagai jenis olahraga atau aktivitas fisik yang melibatkan individu atau kelompok dengan tujuan memperoleh manfaat kesehatan dan kebugaran, sekaligus membangun hubungan dan kegembiraan.

Jenis olahraga rekreasi yang bisa dilakukan bersama teman, keluarga, atau pasangan. Olahraga rekreasi tersebut contohnya adalah badminton atau tenis yang bisa dimainkan berpasangan, dapat membangun ikatan dengan orang lain.(Dari berbagai sumber/Syaiful).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00