Manfaat Hingga Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

KBRN, Padang: Minuman bersoda memang sering dijauhi oleh para pelaku diet dan pemerhati kesehatan. Tapi ternyata, minuman bersoda juga memiliki beberapa dampak baik bagi tubuh.

Manfaat Minuman Bersoda bagi Kesehatan 1. Menghancurkan Lemak di Hati dan Mengurangi Sakit Kepala

Kandungan kafein pada minuman bersoda memiliki sifat merangsang sistem saraf pusat, membantu menghancurkan lemak di hati, meningkatkan mood, dan mengurangi sakit kepala.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Air berkarbonasi merupakan bahan utama minuman bersoda. Air berkarbonasi diciptakan oleh Joseph Priestley pada tahun 1767, dan sejak itu terbukti memiliki banyak manfaat untuk saluran cerna. Air berkarbonasi membantu meredakan sakit perut, mengatasi mual, dan mengurangi konstipasi.

3. Mencegah Kram Otot

Minuman bersoda mengandung natrium. Natrium merupakan mineral penting yang ditemukan di hampir semua makanan alami. Natrium membantu mencegah kram otot, efek penuaan pada kulit, penurunan tekanan darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

4. Melepas Rasa Haus

Tentu banyak sekali orang yang memanfaatkan soda untuk menghilangkan rasa dahaga yang mereka rasakan. Apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya dan Anda membutuhkan asupan agar merasa segar kembali. Pilihlah rasa soda yang sesuai dengan selera Anda, karena ada banyak sekali rasa soda yang dijual secara umum.

Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan 1. Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Bukti kuat menunjukkan bahwa minuman bersoda yang mengandung gula berkontribusi pada perkembangan diabetes. The Nurses’ Health Study mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun.

Para perawat mengatakan bahwa mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali, dibanding mereka yang jarang minum minuman ini.

2. Menaikkan Risiko Penyakit Jantung

Mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan risiko obesitas yang sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung .

Hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika Anda mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bahkan setiap hari, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Masalah ini diduga karena adanya resistansi insulin yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

3. Menurunkan Kualitas Tulang

 Soda mengandung kadar fosfat tinggi, dan tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Mengonsumsi lebih banyak fosfat daripada kalsium dapat merusak kesehatan tulang. Padahal kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, saat tulang sedang dibangun.

4. Bisa Menyebabkan Rusaknya Gigi

Minuman bersoda bisa merusak gigi yang Anda miliki karena kandungan gulanya yang sangat tinggi, yaitu glukosa dan fruktosa. Seperti yang kita tahu, kedua kandungan gula tersebut bisa berisiko untuk kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi berlubang.

Selain gigi berlubang, mengonsumsi soda secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi pada mulut. Untuk mengurangi beberapa risiko tersebut, Anda bisa menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman-minuman bersoda.

5. Bisa Mengganggu Kinerja Otak

Alasan mengapa minuman bersoda bisa mengganggu kinerja otak adalah karena pemanis buatan yang ada di dalamnya. Pemanis buatan seperti aspartame yang biasanya mengandung fenilalanin akan membuat fungsi otak menjadi terganggu, terkadang kejang, dan juga gangguan-gangguan genetik fenilketonuria lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00