Sarapan Sehat Dengan Smoothie

Foto : Banana Smoothie/cookpad.com

KBRN, Samarinda: Tren gaya hidup sehat mulai membudaya di masyarakat Indonesia, termasuk menu sarapan. Ya, sarapan sehat dipilih selain untuk tubuh yang sehat, tak jarang juga untuk tujuan melangsingkan tubuh.

Smoothie menjadi salah satu pilihan menu sarapan sehat. Dari sahabat nestle.id,  smoothie adalah minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Selain penambahan susu sebagai ciri khas smoothie, yoghurt, cokelat dan susu kental manis juga seringkali ditambahkan ke dalam smoothie. Tekstur smoothie lebih pekat dibandingkan jus.

Proses pembuatan smoothie sangat mudah; tinggal mencampur potongan buah, sayuran, susu, sirup gula, es batu, dan yoghurt ke dalam tabung blender. Proses hingga lembut. Untuk komposisi resep dan jenis buah yang digunakan bisa dipilih sesuai selera. 

Terkait smoothie sebagai sarapan sehat, ada tanggapan berbeda dari nutriosinis Chloe McLeod.  Dari health.detik.com, menurut nutrisionis Chloe McLeod, hanya sarapan dengan mengonsumsi smoothie sebenarnya tidak dianjurkan. Ini karena asupan tersebut tidak memenuhi kebutuhan nutrisi sarapan Anda. Menurutnya, dengan hanya minum smoothie, maka kebutuhan protein tidak terpenuhi.

Menurutnya, penambahan gula yang tinggi pada smoothie akan berdampak pada lonjakan gula darah yang tinggi dan cepat. Ia menyarankan ketika memilih smoothie untuk sarapan sebaiknya batasi dengan ketat penggunaan gula dan dampingi. Pilihlah buah pisang, tambah sumber protein seperti yoghurt dan susu.

Selamat menikmati sarapan sehat dengan smoothie, dibuat dengan waktu singkat dan sarapan siap disantap.

Referensi :

https://health.detik.com/diet/d-3444186/sarapan-smoothie-demi-tubuh-langsing-sehat-tidak-ya

https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/apa-itu-smoothies.html

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00