Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Foto : Tanaman Binahong

KBRN, Samarinda: Daun binahong salah satu  jenis tanaman yang cukup populer di Indonesia,  jika berminat sangat mudah untuk memeliharanya dan membudidayakannya.

Tanaman ini tumbuh merambat dengan batang daun pendek. Daun binahong berwarna hijau berbentuk hati .Tanaman binahong di kembangbiakan dengan cara menanam biji bisa juga dengan bagian akarnya .

Binahong, tanaman rambat yang cukup mudah untuk  dibudidayakan di pekarangan rumah ini terkenal banyak manfaat untuk kesehatan. Pemanfaatan daun binahong sebagai obat herbal sudah dikenal sejak dahulu.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun binahong mengandung banyak nutrisi, antara lain Glucan C, Betakaroten, Asam Organik, L-Arabinosa Mucopolysaccharide, D- Galaktosa, Asam Selain itu, binahong juga mengandung senyawa seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Daunnya bersifat antioksidan, antiinflamasi, serta anti nyeri.  Oleh karena itu, binahong dipercaya sangat efektif mengobati berbagai penyakit ringan hingga kronis. Berikut manfaat daun binahong:

1.Mencegah Diabetes

Mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin dapat membantu mengontrol kadar gula di dalam darah. Kandungan flavonoid di dalam daun binahong berperan menghambat penyerapan gula dan dapat meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin.

2.Mengobati Sakit Maag

Daun binahong dipercaya efektif mengobat maag. Khasiat lain menakjubkan  luar biasa,  cukup dengan merebus 10 lembar daun binahong dengan satu gelas air sampai mendidih dan minum airnya tiga kali sehari.

3.Meminimalisir Risiko Kanker

Daun binahong banyak ternyata mengandung  zat antioksidan sehingga daun binahong dinilai mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Caranya, cukup minum air rebusan daun binahong kering satu kali sehari secara rutin.

4 .Mengobati luka 

Daun binahong juga memiliki efek farmakologis antimikroba yang berperan mencegah infeksi pada luka. Cukup tempelkan daun binahong di atas luka yang baru. Daun binahong mampu menyembuhkan dengan luka tersebut

5. Mencegah Penuaan Dini

Daun binahong memiliki kandungan antioksidan sepertil lutein vitamin A,C betakaroten yang memberi perlindungan pada organ dan mulit dari radikal bebas. Vitamin A dan C yang tinggi akan membantu kulit menjadi lebih elastis dan meremajakan kulit secara alami untuk mencegah  datangnya penuaan dini.

6. Kulit Terawat dan Glowing

Mencuci wajah menggunakan air rebusan daun binahong mampu mengangkat sel kulit mati dan membasmi bakteri jahat yang di sebabkan oleh radikal bebas. Sehingga kulit menjadi lebih cerah glowing dan kenyal. Selain itu daun binahong akan merawat kulit menjadi lebih lembut. Gunakanlah airnya sebagai perawatan wajah secara teratur setiap hari yang alami dan tanpa alergi yang berarti.

7.Meningkatkatkan Daya Tahan

Di saat cuaca  yang sedang tidak menentu, agar tidak mudah sakit memang sebaiknya menjaga daya tahan dan stamina tubuh tetap maksimal dengan cara merebus daun binahong di percaya meningkatkatkan daya tahan tubuh dan stamina tubuh. Cukup merebus satu lembar daun binahong dengan dua gelas air sampai menyisakan setengahnya.Minum air rebusan daun binahong secara rutin satu kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat dari daun binahong bagi  kesehatan yang bisa Anda coba sebagai alternatif pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit tertentu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00