FOKUS: #PPKM MIKRO

Indonesia Naikkan Produksi Oksigen Medis

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI akan menaikkan kapasitas produksi oksigen untuk kebutuhan medis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ditargetkan peningkatan produksi oksigen itu bisa mencapai 2.000 ton per hari.

“Kebutuhan kita kita mau meningkatkan 2.000 ton per hari pak Wapres,” ungkap Menkes ketika menghadiri pertemuan bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membahas penanganan COVID-19 di Jawa Tengah, Jumat (23/07/2021) secara daring, seperti dikutip RRI.co.id.

Menkes menjelaskan, adanya perbedaan ketersediaan dan kebutuhan oksigen selama pandemi COVID-19 yang signifikan, menjadi latarbelakang peningkatan produksi oksigen medis.

“Jadi, produksi oksigen di Indonesia seluruhnya 1.700 ton per hari. Kebutuhan kita untuk medis tadinya 400 ton sekarang sudah naik jadi 2.300 ton per hari pak Wapres,” terangnya.

Menurut Menkes, guna tercapai produksi ribuan ton oksigen itu, salah satunya melalui strategi oksigen konsetrator.

“Dari 2000 ini 1000 ton kita mau adakan lewat oksigen konsentrator atau oksigen generator strateginya. Jadi, nggak usah angkut-angkut liquid oxygen yang susah, logistiknya susah, tangki-tangkinya yang susah dan lain sebagainya,” ucap Menkes lagi. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00