Wagub Bantah Warga Jakarta Tak Taat Prokes

KBRN, Jakarta: Wakil Gubernur Jakarta Ahmad Riza Patria, membantah data Satgas Covid-19 yang menyebutkan daerahnya masuk kategori paling tak taat protokol kesehatan (prokes).

Menurutnya, secara umum warga Ibu Kota patuh dan rajin melaksanakan protokol kesehatan.

"Kita sama-sama melihat secara umum masyarakat Jakarta termasuk masyarakat yang patuh dan rajin melaksanakan prokes," tutur Riza di Balaikota, Kamis (22/7/2021).

Antara lain menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kepatuhan itu, kata Riza, dapat dilihat pada setiap bidang dan komunitas yang ada di Jakarta.

"Jadi kita lihat menggunakan masker, jaga jarak kemudian cuci tangan kita bisa lihat di setiap lini di setiap bidang dan komunitas," jelasnya.

Meski demikian ia mengaku terbuka dengan segala masukan dan laporan yang disampaikan Satgas Covid-19 dan akan menjadi bahan evaluasi pihaknya.

Di sisi lain, ia menekankan pihaknya telah berusaha meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya prokes melalui kampanye yang dilakukan sejak jauh-jauh hari.

"Sejauh ini sebagaimana hasil fakta dan data masyarakat jakarta sejak awal sudah disosialiaasikan dikampanyekan oleh pemerintah dengan berbagai cara dan sungguh," tuturnya.

"Namun kalaupun ada masukan dan laporan demikian ini menjadi perhatian dan evaluasi kita untuk terus kita tingkatkan kesadaran masyarakat kita secara bersama sama," jelasnya.

Sebelumnya, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkap, tingkat kepatuhan protokol kesehatan (prokes) warga di daerah. Satgas menyoroti soal kepatuhan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Provinsi Banten dan DKI Jakarta disorot karena kepatuhan prokes rendah khususnya dalam hal jaga jarak dan penggunaan masker.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00