Orang Dewasa yang Tidak Sarapan Kehilangan Nutrisi

(Ohio State University)

KBRN, Ohio: Orang dewasa yang melewatkan sarapan cenderung kehilangan nutrisi utama yang paling melimpah dalam makanan yang membentuk makan pagi, menurut sebuah studi baru.

Sebuah analisis data pada lebih dari 30.000 orang dewasa Amerika menunjukkan bahwa melewatkan sarapan—dan kehilangan kalsium dalam susu, vitamin C dalam buah, dan serat, vitamin, dan mineral yang ditemukan dalam sereal yang diperkaya—kemungkinan membuat orang dewasa kekurangan nutrisi tersebut sepanjang hari.

"Apa yang kami lihat adalah jika Anda tidak makan makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan, Anda memiliki kecenderungan untuk tidak memakannya sepanjang hari. Jadi nutrisi sarapan yang umum itu menjadi celah nutrisi," kata Christopher Taylor, profesor dietetika medis di College of Medicine di The Ohio State University dan penulis senior studi tersebut.

Menurut pedoman diet terbaru Departemen Pertanian AS, kalsium, kalium, serat, dan vitamin D dianggap sebagai "komponen makanan yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat" untuk populasi umum AS—dengan tambahan zat besi untuk wanita hamil—karena kekurangan nutrisi tersebut terkait dengan masalah kesehatan.

Sebagian besar penelitian terkait sarapan berfokus pada efek melewatkan makan pagi pada anak-anak di sekolah, yang meliputi kesulitan fokus dan masalah perilaku.

"Dengan orang dewasa, ini lebih seperti, 'Kamu tahu betapa pentingnya sarapan.' Tapi sekarang kita lihat apa implikasinya jika mereka melewatkan sarapan," kata Taylor, seperti dikutip dari Ohio State University, Rabu (16/6/2021).

Tim menggunakan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional (NHANES), yang mengumpulkan informasi kesehatan pada sampel perwakilan nasional sekitar 5.000 orang setiap tahun melalui wawancara, tes laboratorium, dan pemeriksaan fisik.

Sampel untuk penelitian ini termasuk 30.889 orang dewasa berusia 19 tahun ke atas yang telah berpartisipasi dalam survei antara tahun 2005 dan 2016. Para peneliti Ohio State menganalisis data dari 24 jam ingatan peserta yang diselesaikan sebagai bagian dari survei NHANES.

"Selama pengingatan kembali, peserta menentukan sendiri acara makan mereka sebagai makanan atau camilan, dan mereka memberi tahu Anda kapan mereka makan makanan apa pun yang mereka laporkan," kata Fanelli, penulis pertama studi tersebut. "Begitulah cara kami menentukan apakah seseorang adalah pemakan sarapan atau pelewat sarapan."

Dalam sampel ini, 15,2% peserta, atau 4.924 orang dewasa, telah melaporkan melewatkan sarapan.

Para peneliti menerjemahkan data makanan ke dalam perkiraan nutrisi dan setara MyPlate menggunakan Database Makanan dan Gizi federal untuk Studi Diet dan pedoman diet harian, dan kemudian membandingkan perkiraan tersebut dengan asupan nutrisi yang direkomendasikan yang ditetapkan oleh Food and Nutrition Board of the National Academies.

Pada beberapa rekomendasi utama yang diukur, dari serat dan magnesium hingga tembaga dan seng, orang yang melewatkan sarapan mengonsumsi lebih sedikit vitamin dan mineral daripada orang yang sarapan. Perbedaan paling menonjol untuk folat, kalsium, zat besi, dan vitamin A, B1, B2, B3, C dan D.

"Kami menemukan mereka yang melewatkan sarapan secara signifikan lebih mungkin untuk tidak memenuhi ambang batas bawah dari apa yang kami harapkan untuk dilihat saat orang makan," kata Fanelli.

Dibandingkan dengan Healthy Eating Index-2015, yang menilai seberapa baik satu set makanan sesuai dengan rekomendasi federal, orang yang melewatkan sarapan juga memiliki diet berkualitas lebih rendah secara keseluruhan daripada mereka yang sarapan.

Misalnya, orang yang melewatkan sarapan lebih mungkin makan lebih banyak gula tambahan, karbohidrat, dan lemak total sepanjang hari daripada mereka yang makan di pagi hari — sebagian karena tingkat ngemil yang lebih tinggi.

"Ngemil pada dasarnya menyumbang asupan kalori untuk orang yang melewatkan sarapan," kata Taylor. "Orang yang sarapan makan lebih banyak kalori total daripada orang yang tidak sarapan, tapi makan siang, makan malam, dan makanan ringan jauh lebih besar untuk orang yang melewatkan sarapan, dan cenderung memiliki kualitas diet yang lebih rendah," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00