Gathering, Belasan Mahasiswa Untidar Magelang Terpapar Covid-19

ilustrasi: (dok. IST)

KBRN, Magelang: Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang terpapar Covid-19, usai mengikuti gathering di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, pada  Jum'at hingga Minggu kemarin.

“Sepulang dari acara tersebut, salah satu di antara mereka mempunyai gejala Covid-19. Kemudian memeriksakan diri dan swab mandiri, dan dinyatakan positif Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Covid 19 Kota Magelang, dr Intan Suryahati, Senin (15/6/2021).

Intan mengatakan, setelah seorang dinyatakan positif Covid-19, sebanyak 11 rekannya sesudah diperiksa juga dinyatakan positif Covid-19.

Menurutnya, setelah mengetahui adanya 11 mahasiswa Untidar Magelang yang terpapar Covid-19, petugas dari Puskesmas Magelang Utara melakukan penelusuran dan melakukan swab ulang.

Hasilnya, jumlah mahasiswa yang terpapar Covid -19 bertambah menjadi 17 orang.

Intan menambahkan, untuk penanganan lebih lanjut, semula para pasien Covid-19 yang berasal dari klaster gathering tersebut diisolasi di Mess Atlet milik Pemkot Magelang yang ada di wilayah Bayeman, Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah.

“Namun, karena jumlah pasien yang terus bertambah dari wilayah lain di Kota Magelang, maka Dinas Kesehatan Kota Magelang mengambil inisiatif memindahkannya ke Hotel Borobudur Indah Kota Magelang sebagai tempat isolasi mandiri,” kata Intan yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Ia menjelaskan, tim satgas Covid-19 Kota Magelang berencana akan kembali melakukan penelusuran dan swab PCR terhadap 117 orang di Untidar yang diduga merupakan kontak erat dengan pasien sebelumnya.

Terpisah, Rektor Untidar Magelang Mukh Arifin  saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya memberlakukan protokol kesehatan cukup ketat bagi semua orang yang akan masuk  lingkungan kampus.

Selain itu, ia juga menegaskan, seluruh mahasiswa yang kemarin terlibat kegiatan tersebut akan menjalani swab. 

“Di kampus protokol kesehatan diperketat, mahasiswa yang kemarin terlibat kegiatan akan ditest swab,” katanya dalam pesan singkatnya. (Dyas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00