Pancaroba, Waspadai Terserang Penyakit Ini

KBRN, Palangka Raya: Memasuki peralihan atau pancaroba, beberapa penyakit dikeluhkan pasien di beberapa Puskesmas di Palangka Raya, yakni maag, panas dingin, nyeri otot, hingga Ispa.

"Saat ini penyakit kerap dikeluhkan pasien yang berobat ke Puskesmas Pahandut diantaranya penyakit maag, panas dingin, nyeri otot, hingga Ispa," terang Kepala UPTD Puskesmas Pahandut Palangka Raya Ridwan, Senin (14/6/2021).

Ridwan mengungkapkan, di Puskesmas Pahandut telah disiapkan tim skrening untuk memantau pasien. Dilakukan dengan memilah kondisi pasien sebelum masuk ke dalam ruang pemeriksaan.

Menurutnya, pasien dengan suhu panas 37 derajat Celsius lebih akan masuk keruang penilaian Covid-19, untuk batuk, pilek, dan panas akan masuk ke ruang tim Covid-19 pada ruang tertentu dan pasien tidak digabung akan disesuaikan dengan kondisi tubuh si pasien.

"Apalagi bila pasien merasa penciuman tidak berbau, maka pasien akan masuk ruangan khusus," jelas Ridwan.

Sementara itu Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Palangka Raya, Fransiska mengatakan, saat pandemi Covid-19, justru penyakit DBD menurun dari tahun-tahun sebelumnya.

Daerah yang awalnya merupakan pandemi DBD saat ini malah menjadi wilayah yang rawan terpapar Covid-19.

"Ada sejumlah kelurahan yang awalnya tempat pandemi Covid-19 justru saat ini banyak warganya terpapar Covid-19,” ungkap Fransiska.

Saat ini berbagai macam penyakit harus tetap diwaspadai masyarakat, selain musim pancaroba kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang memungkinkan masyarakat untuk terserang penyakit ganda.

"Sehingga perlindungan tubuh dengan imun yang baik sangat diperlukan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00