Beragam Manfaat Keju bagi Kesehatan Tubuh

KBRN, Jakarta: Di balik kelezatannya, manfaat keju sangatlah beragam. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya dapat memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kekuatan tulang hingga menyehatkan saluran pencernaan.

Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang dapat dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan dan kue kering. Tak hanya lezat, keju juga dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

Meski demikian, sebagian orang takut mengonsumsinya karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Padahal, bila dikonsumsi dengan tepat, keju dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk jenis keju yang lebih lunak, umumnya memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibandingkan keju yang lebih keras. Misalnya, untuk keju lunak, satu ons keju ricotta mengandung sekitar 50 kalori, satu ons keju feta mengandung sekitar 75 kalori, dan satu ons keju mozarella mengandung sekitar 85 kalori.

Sedangkan, untuk keju keras, satu ons keju Swiss bisa mengandung sekitar 108 kalori dan satu ons keju cheddar dapat memiliki kurang lebih 114 kalori.

Ragam manfaat yang dapat diberikan oleh keju tentu tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam keju, diantaranya yakni Karbohidrat, Lemak, Protein, Kalsium, Magnesium, Zinc, Fosfor, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B12.

Tak hanya itu, keju juga mengandung omega-3, asam amino sistein, serta beragam jenis antioksidan, seperti riboflavin, beta karoten, dan glutathione.

Keju juga kaya akan lemak jenuh. Seperti yang diketahui, lemak jenuh diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat di dalam darah. Akan tetapi, beberapa literatur menunjukkan bahwa keju full-fat tidak memengaruhi kolesterol LDL secara negatif.

Saat ini, keju sangat populer dan muncul dalam berbagai makanan ataupun minuman. Sebagai salah satu sumber terbaik protein dan kalsium, keju punya berbagai manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat keju tersebut, di antaranya:

1. Memelihara kekuatan dan kesehatan tulang 

Sebagai salah satu jenis produk olahan susu, keju diketahui bermanfaat untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Ini berkat kandungan kalsium dan protein yang melimpah di dalamnya.

Tak hanya kalsium, kandungan protein, zinc, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K, dalam keju juga diketahui bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mencukupi asupan nutrisi tersebut, Anda pun dapat terhindar dari berbagai masalah tulang, misalnya osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan gigi

Tak hanya memelihara kekuatan tulang, keju juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa keju dapat melindungi gigi dari risiko gigi berlubang.

Bahkan, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak produk olahan susu, termasuk keju, memiliki risiko gigi berlubang yang lebih kecil daripada anak-anak yang tidak mengonsumsi susu dan produk olahannya.

3. Menyehatkan saluran pencernaan

Keju merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi. Cara pengolahan ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meski demikian, mengonsumsi terlalu banyak keju justru dapat menyebabkan konstipasi. Tak hanya itu, pada beberapa orang yang tidak dapat mencerna laktosa, keju dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti diare.

4. Menurunkan tekanan darah

Keju diduga dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Ini karena kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya. Agar dapat memperoleh khasiat keju untuk menurunkan tekanan darah dengan maksimal, Anda disarankan memilih keju yang rendah lemak dan garam, seperti keju ricotta dan keju cottage.

5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencukupi konsumsi produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan konsumsi keju untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Meredakan peradangan dalam tubuh

Hingga saat ini, produk olahan susu, termasuk keju, dianggap sebagai jenis makanan yang dapat memicu peradangan di dalam tubuh.

Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keju mengandung linoleic acid, sejenis asam lemak yang diketahui mampu meredakan peradangan. Bahkan, asam lemak ini juga dipercaya dapat menurunkan berat badan.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung. Karena otak merupakan satu di antara organ vital di dalam tubuh yang paling penting.

Mengonsumsi keju dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak. Itu karena di dalam keju terdapat antioksidan yang bernama glutathione.

Antioksidan tersebut dapat menjaga kesehatan otak, mencegah gangguan otak yang berkaitan dengan usia, dan mencegah kehilangan memori. Selain itu keju juga mengandung omega-3 yang dapat membantu menyehatkan otak.

8. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Mengonsumsi keju dapat membantu Anda dalam meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. Karena pada keju terdapat lemak baik yang muncul saat proses fermentasi.

Sensitivitas insulin yang terjaga dapat menghindarkannya dari resistensi, yang dapat menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi, dan menimbulkan diabetes.

Konsumislah keju sebagai campuran saat membuat roti lapis atau berbagai macam masakan lainnya yang sedang Anda buat.

9. Mencegah Kanker

Manfaat keju yang satu ini mungkin tidak terlalu di ketahui oleh banyak orang. Namun mengonsumsi keju secara rutin dapat dengan efektif mencegah munculnya kanker.

Itu karena di dalam keju terkandung asam linoleat yang bertugas untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel di dalam tubuh.

Selain itu keju juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.

10. Membentuk sel tubuh yang sehat

Protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh. Protein yang terkandung dalam keju pun dapat membantu membentuk sel tubuh yang sehat. Akan tetapi, jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, berat badan, dan tingkat aktivitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00