FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Covid-19 Indonesia Capai 15.1 Juta Dosis

KBRN, Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut, hingga Minggu (11/4/2021), Vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 15.1 juta dosis.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan, cakupan itu termasuk dosis pertama dan dosis kedua baik tenaga kesehatan, petugas publik maupun Lansia dengan kapasitas penyuntikan dosis per harinya adalah 500 ribu.

“Indonesia termasuk negara pada posisi kedelapan dari 60 negara yang telah melakukan vaksinasi. Ini merupakan pencapaian yang besar berkat dukungan dari seluruh masyarakat,” katanya dalam siaran pers yang diterima RRI.co.id, Selasa (13/4/2021).

Meski demikian, cakupan vaksinasi Lansia masih rendah yakni sekitar 2 juta jiwa. Lebih rendah jika dibandingkan cakupan vaksinasi petugas publik yang mencapai 6.5 juta jiwa.

Menurutnya, percepatan cakupan vaksinasi Civid-19 menjadi penting untuk mencegah penularan terutama pada Lansia. Oleh karena itu, masyarakat diminta membantu para Lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi.

"Sejumlah strategi yang sudah dillakukan untuk mengakselerasi vaksinasi Lansia adalah dengan terus membuka sentra-sentra vaksinasi di seluruh Indonesia. Sentra vaksinasi itu dapat memudahkan Lansia mendapatkan vaksinasi di tempat tinggal yang terdekat," sebutnya.

"Pemberian vaksinasi kepada Lansia sudah bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu harus menyesuaikan dengan KTP ataupun dilengkapi dengan surat keterangan domisili di mana Lansia tersebut berada atau bertempat tinggal," tambahnya.

Lebih lanjut, Nadia mengimbau keluarga yang memiliki Lansia dan belum disuntik, untuk segera mendatangi pos pelayanan vaksinasi Covid-19 atau sentra vaksinasi.

“Silakan datang ke seluruh pos pelayanan vaksinasi atau sentra pelayanan vaksinasi. Kami mengimbau bagi keluarga yang memiliki orang tua yang belum mendapatkan vaksinasi di bulan suci Ramadhan ini kita sama-sama menunjukkan bakti kita kepada orangtua dengan membantu mendaftarkan dan membawa mereka untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 sehingga mereka akan terlindungi,” tutur Nadia.

Foto: Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 tahap kedua kepada seorang pekerja sektor pariwisata di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (10/4/2021). Vaksinasi yang difasilitasi oleh Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Sulawesi Tengah itu menyasar sedikitnya 710 orang pekerja sektor pariwisata. ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00