WNA China Masuk Indonesia Dapat Pengecualian

Foto: Sejumlah WNA Asal China Tiba di Bandara Soetta

KBRN, Jakarta: Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mengonfirmasi perihal 153 warga negara asing (WNA) asal China yang masuk ke Indonesia lewat Terminal III Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Sabtu (24/1) lalu.

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ahmad Nursaleh mengatakan, bahwa warga China itu masuk dalam pengecualian.

"Seluruh penumpang asing yang mendarat tersebut masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk ke wilayah Indonesia berdasarkan SE Dirjen Imigrasi tentang pembatasan sementara masuknya orang asing ke wilayah Indonesia dalam masa pandemi covid-19," kata Nursaleh kepada wartawan, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga:WNA China Datang, Bandara Soetta Tak Tahu

Ahmad mengatakan, sebnayak 150 orang WNA sudah memiliki Izin Tinggal Terbatas (ITAS) dan Izin Tinggal Tetap (ITAP). Sementara tiga lainnya memiliki visa diplomatik.

Dirinya juga berdalih bahwa warga China tersebut sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian.

"Setelah lengkap selanjutnya diarahkan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 menuju tempat karantina," tuturnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Senior Manager of Branch Communaction and Legal Bandara Soekarno Hatta (Seotta), Haerul Anwar mengaku, belum mengetahui kedatangan 188 WNA China ke Bandara Soetta tersebut. 

Baca Juga:Lockdown, WNA China Terus Banjiri Bandara Soetta

Kendati demikian, Haerul menyebut, kedatangan WNA ke Bandara Soetta harus mengacu kepada ketentuan sesuai Surat Eadran (SE) Satuan Tugas Nomor 2 tahun 2021.

“Tidak tahu. Sebaiknya, dapat juga dikonfirmasi ke Imigrasi,” pungkasnya kepada rri.co.id, Minggu (24/1/2021).

Haerul membenarkan bahwa Bandara Soetta masih ditutup untuk kedatangan WNA. WNA masih bisa masuk dengan pengecualian. “Benar, pengeculian sih masih bisa masuk,” kilahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00