Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dipastikan Merata di Indonesia

KBRN, Jakarta: Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dirga Sakti Rambe, menyebut, Indonesia telah banyak berpengalaman dalam mendistribusikan vaksin, termasuk ke pelosok barat maupun timur. Sehingga nantinya, pendistribusian vaksin Covid-19 juga akan berjalan baik meski akan ada tantangan di daerah pegunungan maupun pulau terpencil.

"Kabar baiknya adalah bahwa Indonesia itu sudah berpengalaman panjang dalam mendistribusikan vaksin termasuk ke pelosok-pelosok dari barat sampai ke timur. Artinya, sistemnya itu berjalan baik," ujar Dirga dalam Dialog KPCPEN, Senin (30/11/2020).

Dirga mengungkapkan, saat ini lebih dari 400 ribu tenaga kesehatan seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, maupun bidan tengah bergotong royong memastikan vaksinasi dapat terlaksana dengan baik. Tak hanya itu, lebih dari 23 ribu vaksinator juga telah menjalani pelatihan untuk keterampilan khusus melakukan vaksinasi.

Sehingga, meski akan menghadapi berbagai tantangan, tenaga kesehatan dipastikan siap melayani vaksinasi untuk masyarakat.

"Tenaga kesehatan di daerah-daerah itu sudah siap sehingga vaksin dapat didistribusikan mulai dari barat sampai ke timur Indonesia," ujarnya.

Dirga menekankan, masyarakat perlu memahami, meski nantinya vaksin telah hadir bukan berarti pandemi Covid-19 hilang.

"Kita harus sadari bahwa vaksin itu tidak bisa seketika menghilangkan pandemi. Karena, ada proses distribusi yang panjang, apalagi kita negara kepulauan, apalagi jumlah penduduk kita banyak sekali 260 juta jiwa," tuturnya.

Oleh karena itu, kata Dirga, sambil menunggu vaksin masyarakat tetap harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

"Jadi vaksin sangat penting, vaksin bisa mengendalikan pandemi tetapi itu butuh waktu, butuh proses," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00