Kabel Terbakar di Istiqlal Tertangani dengan Baik

Masjid Istiqlal Jakarta Pusat (Ant/Galih Pradipta)

KBRN, Jakarta: Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril Rizal, mengatakan, dalam penanganan kabel terbakar di gorong-gorong Masjid Istiqlal, Jakarta, pihak pemadam kebakaran dan kepolisian hanya berjaga-jaga saja.

Fungsi penjagaan adalah, menghalau masyarakat agar tidak berkerumun untuk melihat langsung kepulan asap tersebut.

Penanganan lebih lanjut diserahkan kepada petugas PLN, karena kabel yang terbakar berada di bawah tanggung jawab perusahaan itu, dan akhirnya sekarang kondisi sudah kondusif alias tertangani dengan baik.

"Tadi kami bertugas bersama petugas kepolisian menjaga agar masyarakat tidak berkerumun. Sementara untuk penanganan keseluruhan dilakukan oleh petugas PLN," ujar Asril kepada wartawan, seperti dilansir Antara, Minggu (25/10/2020).

BACA JUGA: Pedagang Minuman Melihat Kepulan Asap Masjid Istiqlal

Kepulan asap di Masjid Istiqlal ternyata berasal dari gorong-gorong di depan Pintu Al Jabar, Minggu (25/10/2020) sore.

Seorang pedagang minuman yang pertama kali melihatnya sekitar pukul 14.45 WIB tadi sore, setelah itu melaporkannya ke pihak keamanan.

"Selanjutnya (saksi) melapor kepada sekuriti Masjid Istiqlal yang selanjutnya melaporkan ke Polsek Sawah Besar," demikian keterangan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Setelah dilakukan pemeriksaan, asap tersebut ternyata berasal dari kabel listrik milik PLN yang terbakar di dalam saluran bawah tanah tersebut.

BACA JUGA: Masjid Istiqlal Terbakar, Ternyata Ini Kata Polisi

Sebelumnya diberitakan bahwa Masjid Istiqlal sempat diisukan terbakar, akibat warga yang beraktivitas di sana melihat kepulan asap keluar dari gorong-gorong masjid, Minggu (25/10/2020) sore.

Ternyata, bukanlah kebakaran, melainkan hanya insiden terbakarnya salah satu bagian kabel listrik di dalam saluran bawah tanah Masjid Istiqlal.

Demikian disampaikan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto kepada wartawan, Minggu (25/10/2020).

"Kabel PLN yang mengarah ke kantor Kementerian Agama dan Katedral, menyebabkan sebagian listrik padam di kedua kantor tersebut. Selanjutnya dilakukan penanganan lebih lanjut oleh polsek dan petugas PLN," ujar Heru dalam keterangannya.

Karena kebakaran kabel terdeteksi dini, dipastikan tidak ada korban jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00