Deretan Pejabat Hingga Kepala Daerah Positif Covid-19

KBRN, Jakarta: Penyakit Covid-19 yang disebabkan infeksi virus corona, memang sudah banyak memakan korban di dunia, terlebih lagi di Indonesia. Tidak hanya masyarakat biasa, ternyata virus ini juga bisa menular kepada dokter, maupun pejabat.

Sejumlah pejabat di Indonesia dinyatakan positif Corona (COVID-19). Bahkan ada beberapa di antara mereka, meninggal dunia akibat Corona.

Belum lama ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman terkonfirmasi positif Covid-19.  Tidak hanya Arief, bahkan Camat Kelapa Gading, M Hermawan dan Sekda DKI Saefullah pun menjadi korban meninggal dunia akibat Covid-19. 

Lalu siapa sajakah pejabat yang sempat terpapar positif Covid-19?. Berikut daftar sederet pejabat yang juga dilaporkan pernah terinfeksi virus corona, berikut daftarnya:

1. Sekda DKI Jakarta 

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah diketahui terpapar Covid-19, dan dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (16/9/2020) lalu.  Saefullah meninggal pada pukul 12.55 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. 

Selama ia menjabat sebagai Sekda DKI, Saefullah dikenal cukup aktif terlibat dalam berbagai rapat dengan DPRD DKI Jakarta hingga proses pengambilan keputusan terkait penanganan Covid-19 di Ibu Kota sebelum jatuh sakit Terakhir. Saefullah juga sempat menginstruksikan agar waktu bekerja aparatur sipil negara (ASN) yang bekerja di kantor dibatasi hanya 5,5 jam.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan 

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikonfirmasi positif Covid-19 oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan. Daniel mendapat informasi tersebut pertama kali pada 3 September 2020.  

Namun, saat ini Edhy telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Edhy sendiri pertama kali dirawat di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur saat terpapar Covid-19.  Setelah itu, dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, dan sempat dirawat di ICU agar perawatannya lebih optimal, selama di ICU keadaannya dalam keadaan sadar.

3. Menteri Perhubungan 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret 2020, ia tercatat sebagai pasien nomor 76. Budi Karya merupakan pejabat pemerintah pusat pertama yang dinyatakan positif Covid-19. 

Pengumuman Budi Karya positif Covid-19 disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno atas izin keluarga. Budi Karya sempat tak sadarkan diri selama 14 hari setelah dinyatakan positif Covid-19. Ia akhirnya dinyatakan sembuh pada 31 Maret 2020 lalu, setelah 17 hari dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

4. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Selasa (24/03/2020). Zulfikri melakukan tes swab bersama istrinya pada 18 Maret 2020. Dirinya positif, sementara sang istri dinyatakan negaif.

5. Wakil Ketua DPR 

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Achmad mengaku sempat dinyatakan positif Covid-19. Saat itu ia tertular Covid-19 dari suami adik iparnya. 

Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19, Dasco langsung melakukan isolasi mandiri pada 14-18 April 2020. Saat keadaanya membaik dan berstatus sembuh, ia langsung beraktivitas seperti biasa. Diketahui bahwa Dasco bertugas menjadi Koordinator Satgas Lawan Covid-19 bentukan DPR.

6. Bupati Karawang 

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana sempat dinyatakan positif virus corona. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Bandung, Selasa (24/03/2020) lalu. Kini, Cellica sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

7. Wakil Wali Kota Bandung  

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sempat dinyatakan positif Covid-19. Kabar tersebut dibagikan Yana dalam akun resmi Instagramnya pada Senin (23/3/2020) lalu. Yana menyampaikan sempat merasakan demam sebelum akhirnya dinyatakan positif. Ia dinyatakan sudah sembuh dari Covid-19. 

8. Wali Kota Bogor 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang dari lawatannya ke Turki pada Maret 2020. Ia menduga tertular Covid-19 dalam perjalanan pulang di pesawat dari Turki ke Indonesia. Di perjalanan pulang itu, ada salah seorang penumpang yang tak henti-hentinya batuk. Bima Arya lalu dirawat di RSUD Kota Bogor dan akhirnya dinyatakan sehat serta kembali bertugas pada 28 April 2020.

9. Wakil Gubernur Kalimantan Timur 

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi sempat dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada 15 Agustus 2020. Informasi tersebut dibenarkan oleh Hadi saat dikonfirmasi Kompas.com. Meski demikian, ia menyebut tidak mengalami demam atau batuk dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Kini, Hadi dinyatakan sudah sembuh dari Covid-19. 

10. Wakil Wali Kota Surakarta 

Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19 setelah mengikuti tes swab PCR pada Sabtu (18/7/2020), dua hari setelah bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara. Purnomo menyebut, saat itu dipanggil Kepala Negara untuk membahas pencalonan Gibran Rakabuming Raka, anak Jokowi, sebagai calon Wali Kota Solo.

11. Gubernur Kepulauan Riau 

Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (1/8/2020), lima hari setelah Isdianto dilantik Presiden Jokowi. Namun, Kepala Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Isdianto berstatus negatif Covid-19 saat masuk ke Istana. Sebab dua hari sebelum pelantikan, pihak Istana sudah meminta Isdianto dan keluarga serta rombongan terbatas yang akan memasuki Istana untuk melakukan swab tes, dan hasilnya negatif. 

12. Plt Wali Kota Medan 

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution sempat dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (3/8/2020). Hal itu diketahui setelah dilakukan tes PCR, dan hasilnya positif. Akhyar langsung diarahkan ke rumah sakit dan diawasi ketat oleh tim medis khusus.  Setelah dua pekan menjalani perawatan di rumah sakit, Akhyar dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang pada Minggu (16/8/2020).

13. Bupati Morowali Utara 

Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimor meninggal dunia pada Kamis (2/4/2020) di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Hasil tes PCR yang dilakukan tim medis menunjukkan Aptripel positif Covid-19. Aptripel diduga terinfeksi setelah melakukan perjalanan ke Jakarta. 

14. Wali Kota Tanjungpinang 

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul meninggal dunia akibat Covid-19 di RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang, Selasa (28/4/2020). Dia disebut telah dirawat di RS tersebut sejak Sabtu (11/4/2020). Syahrul langsung dirawat di ruang isolasi karena kondisinya saat itu mengarah pada Covid-19. 

15. Wali Kota Banjarbaru 

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninggal dunia pada Senin (10/8/2020) setelah dua pekan dirawat akibat Covid-19. Meninggalnya Nadjmi mengejutkan sejumlah pihak, karena Nadjmi sempat aktif di media sosial dan membagikan video saat dirinya sedang menjalani perawatan. 

16. Wakil Bupati Way Kanan 

Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony meninggal dunia akibat virus corona. Ia meninggal dunia pada Minggu (16/8/2020), setelah sepekan dirawat di RSUP dr H Abdul Moeloek Bandar Lampung.  

17. Plt Bupati Sidoarjo  

Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin meninggal dunia akibat Covid-19 pada Sabtu (22/8/2020). Sebelum meninggal, Nur Ahmad diketahui mengeluhkan demam, batuk, dan sesak napas selama sepekan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00