Profil Bambang Trihatmodjo, Si Kaya yang Kontroversial

KBRN, Jakarta: Baru-baru ini nama putra almarhum Presiden ke-2 RI, Soeharto, Bambang Trihatmodjo sedang banyak diperbincangkan terkait pertikaiannya bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Namun, sebenarnya siapakah Bambang Trihatmodjo? 

Bambang Trihatmodjo lahir di Surakara, 23 Juli 1953 dan menikah dengan Halimah Agustina Kamil pada tanggal 24 Oktober 1981 serta dikaruniai 3 orang anak yaitu Gendis Siti Hatmanti, Panji Adhikumoro dan Bambang Aditya Trihatmanto.

Seperti saudaranya saudaranya yang lain, Bambang dikenal sebagai sosok penguasaha. Ia merupakan pendiri PT. Global Mediacom Tbk a.k.a NET TV. Sosoknya dikenal kontroversial dari segi bisnis dinilai meroket karena posisi ayahnya sebagai Presiden RI.

Ia juga dikenal sebagai salah satu pebisnis yang memiliki perusahaan yang menggurita diberbagai bidang, keahliannya dalam berbisnis tidak usah diragukan lagi. Pada tahun 1998 kekayaan bambang Trihatmodjo dilaporkan bisa mencapai $ 3,5 Milyar. 

Dilansir dari beberapa sumber, Bambang dan rekannya pernah mendirikan PT Bimantara Citra pada 1981, dan perusahaan ini menjadi gurita bisnis bagi Bambang.  Setelah itu, pada tahun 1992, tercatat perusahaan ini memiliki 134 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Sekitar 65 perusahaan telah mereka dirikan, 30 perusahaan di antaranya menempatkan Bimantara sebagai pemegang saham mayoritas. Bambang Trihatmodjo dan rekan juga membangun perusahaan induk dengan nama PT. Bumi Kusuma Prima.

Beberapa perusahaan Bimantara termasuk kelompok perusahaan ini, seperti PT. Gelatindo Multi Graha (produsen cangkang kapsul), PT. Lima Satria Nirwana (keagenan Mercedes-Benz), dan PT. Citra Auto Nusantara (Ford). Banyak proyek baru yang dikelola oleh perusahaan ini.

Sebagian di antaranya adalah proyek-proyek besar, salah satunya adalah, Bali Turtle Island Development, yang mengembangkan 1.000 ha kawasan wisata baru di Bali dengan nilai investasi keseluruhan 2 Miliar Dollar AS. Ada 26 perusahaan yang bernaung di bawah payung Bimantara Citra.

Disamping Bimantara, Bambang juga mempunyai usaha lain yaitu Satelindo, Candra Asri, dan Kanindotex. Satelindo, adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi. Disamping melayani sambungan langsung internasional, perusahaan ini juga menyediakan layanan satelit dan layanan telepon seluler.

Bambang juga pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe Asia tahun 2018. Saat itu, total kekayaan Bambang disebut mencapai 250 juta dolar Amerika. Masih berdasarkan catatan Globe Indonesia, sumber utama pendapatan Bambang Trihatmodjo dari bidang Properti yakni perusahaan Asriland.

Bambang sendiri disebut sebagai penginvestasi uang untuk mendirikan NET TV dan terbukti dengan Jabatan dari Bambang di Net TV sebagai seorang komisaris utama. Selain menikah dengan Halimah, ternyata Bambang Trihatmodjo menikah lagi dengan artis penyanyi Mayangsari dan memiliki seorang putri yaitu Kirania Siti Hartina Trihatmodjo yang lahir 30 Maret 2006 di Rumah Sakit Internasional Bintaro.

Diketahui sebelumnya, Staf Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yustinus Prastowo mengatakan Kementerian Keuangan mencegah Bambang Trihatmodjo ke luar negeri karena masalah utang kepada negara. Hal tersebut dilakukan agar Bambang membayar utang ke pemerintah.

(Ilustrasi/Foto: Istimewa).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00