ASN Muda Didorong Jadi Agen Perubahan

KBRN, Jakarta: Generasi muda menjadi tumpuan dalam penyelenggaraan reformasi birokrasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Karakteristik anak muda yang kreatif memiliki idealisme, dapat diberdayakan sebagai agen perubahan dan daya pendorong utama lahirnya birokrasi organisasi. Untuk mendorong hal tersebut, Kementerian ATR/BPN melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) menyelenggarakan webinar dengan tema acara "Birokrat Muda Sebagai Agen Perubahan".

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto yang menjadi narasumber pada webinar kali ini menjelaskan dalam bekerja harus bersungguh serta mempunyai nilai-nilai yang berdampak positif pada lingkungan kerja. "Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik setiap saya bekerja. Begitu kita komitmen dan sungguh-sungguh maka dalam bekerja akan mendapatkan hasil yang baik. Prinsip lainnya juga bagaimana kita menjadi manusia yang bisa menjadi nilai tambah di lingkungan kita," kata Himawan Arief Sugoto, Jumat (14/8/2020).

Pada webinar series ketiga ini Sekretaris Jenderal juga berbagi pengalaman saat ia memulai karier di Jepang. "Pada saat datang ke Jepang saya tidak bisa bahasa Jepang tetapi saya mendapatkan mentor yang baik untuk membimbing saya hingga bisa belajar banyak. Orang Jepang dalam bekerja luar biasa dan disiplin, itulah yang merubah mindset saya di usia muda," ujar Himawan Arief Sugoto di depan 1.500 peserta yang hadir secara virtual.

Sekretaris Jenderal juga berpesan bahwa anak muda  harus peka pada situasi global saat ini. "Anak muda dengan semangat baru merevolusi, mencari cara mendisrupsi segala jenis produk dan jasa menjadi lebih murah dan mudah" tutur Sekjen Kementerian ATR/BPN.

Selain diisi oleh Sekretaris Jenderal Himawan Arief Sugoto, webinar ini juga menghadirkan Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rini Widyantini. Pada kesempatan ini, Rini Widyantini menjelaskan bahwa agen perubahan ditujukan kepada anak muda tepatnya Aparatur Sipil Negara (ASN) muda yang mempunyai talenta yang baik dan harus ditanamkan dengan integritas yang kuat. 

"Yang namanya perubahan tidak selalu dari usia, terkadang anak muda mempunyai pemikiran yang bagus dan pintar. Dan yang penting Integritas di dalam melakukan tugas, kita harus punya prinsip dasar yaitu integritas," ungkapnya.

Perubahan suatu organisasi untuk lebih maju salah satunya ditunjukkan dengan pelayanan yang sudah terdigitalisasi. Naiknya indeks UN e-Government Indonesia tahun 2020 menjadi buktinya. "Saya apresiasi kepada Kementerian ATR/BPN terhadap kontribusi terhadap indeks UN e-Government menjadi 88 meningkat 19 level dari 2018. Salah satunya seperti layanan ATR/BPN sudah banyak yang beralih ke digital," tambah Rini Widyantini.

Webinar kali ini dimoderatori  oleh Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN, Dalu Agung Darmawan dan diikuti oleh jajaran ASN muda Kementerian ATR/BPN yang tersebar di Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan seluruh Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00