Lomba Video HUT RI Berhadiah Milyaran Rupiah!

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani (Foto: Dok Kemenparekraf)

KBRN, Jakarta: Pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia memaknai HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat kreativitas dan suka cita tanpa melupakan makna kemerdekaan dan patriotisme untuk sama-sama optimistis bangkit dari pandemi COVID-19.

Kemenparekraf menyiapkan lomba merayakan kemerdekaan dengan mengangkat tema "Cinta Indonesia". Dalam lomba ini masyarakat diajak untuk menuangkan kreativitasnya dengan membuat video berdurasi 3 menit yang mencerminkan "Kerja Bersama Kita Bangkit". 

"Kita tidak bisa menghindari kondisi seperti sekarang ini akibat pandemi COVID-19, jadi kita harus bisa beradaptasi dengan situasi ini dan tetap kreatif," kata Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dalam jumpa pers "Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia", Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, konsep video merayakan/memeriahkan HUT ke-75 Tahun Kemerdekaan RI ini harus diisi dengan upaya mempercantik lingkungan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Serta menunjukkan rasa cinta Indonesia dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dengan berdiri tegap sikap sempurna, saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya secara serentak pada 17 Agustus pukul 10.17 WIB.

"Pendaftaran telah dibuka dan peserta dapat memulai mengirimkan karyanya pada 17 Agustus malam, karena sikap sempurna dan penghormatan bendera harus diambil tepat pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB," kata Ni Wayan Giri Adnyani. 

Kemenparekraf menyiapkan hadiah total sebesar Rp 1 miliar serta satu trophy, Piala Presiden. Untuk keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website hutri75.kemenparekraf.go.id. 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam kesempatany yang sama menjelaskan, jauh hari sebelum pandemi, pemerintah telah menyiapkan acara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI yang lebih besar dari biasanya. Namun, situasi saat ini tidak bisa ditolak sehingga acara disesuaikan dengan lebih banyak menggelar event secara daring yang dibarengi dengan gelaran kreatif. 

"Tema kemerdekaan tahun ini adalah 'Indonesia Maju'. Jadi kita berharap di 75 tahun kemerdekaan ini, Indonesia menjadi negara maju dari segi ekonomi, sosial, politik, dan lain-lain. Dan itu tergambar dari peringatan ini," kata Setya Utama. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00