Berikut Cara Pengaplikasian Masker yang Salah

Ilustrasi.jpeg

KBRN, Jakarta: Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, penggunaan masker memang merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Hal ini pun menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan oleh siapapun dan dimanapun.

Tetapi, siapa sangka jika masih banyak orang yang tidak mau menggunakan masker secara tertib. Sejumlah orang juga kerap menggunakan masker secara sembarangan sehingga tidak optimal.

Sementara ada dari mereka yang tertib menggunakan masker, kesalahan dalam penggunaannya juga bisa berdampak tidak optimal. Dilansir dari beberapa sumber, berikut sejumlah kesalahan yang rentan dilakukan seseorang terkait menggunakan masker. 

1. Gunakan Masker dengan Ukuran Tidak Tepat

Banyak orang menggunakan masker dengan ukuran yang tidak benar-benar tepat terutama pada anak-anak. Masker yang terlalu kecil bisa membuat banyak bagian wajah tetap terpapar sedangkan ukuran terlalu besar bisa terlalu longgar dan mudah terbuka.

Selain itu, pastikan juga agar masker tidak terlalu ketat karena bisa membuatmu kesulitan bernapas. Namun pastikan juga tidak terlalu besar agar bisa berada pada posisi yang tepat di wajah terutama menutupi hidung, mulut, dan dagu.

2. Menyentuh dan Menggeser Masker

Penggunaan masker merupakan hal yang dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi dari dan ke orang lain. Jika anda kerap mencopot, menyentuh, atau menggeser masker, manfaat dari masker ini tidak bakal optimal.

Menutup wajah dengan rapat dan sempurna bisa membatasi masuknya virus. Sering menyentuh atau menggeser masker juga bisa membahayakanmu terutama jika di bagian depan masker ada virus yang menempel.

3. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan masker, kamu perlu mencuci tangan dengan benar. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih atau kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer. Hal ini sangat penting kamu lakukan terutama jika kamu sempat mencopot masker pada saat keluar rumah.

4. Tidak Mencuci Masker Kain

Masker kain perlu diganti dan dicuci secara berkala terutama setiap kali dipakai. Anda bisa mencucinya di mesin cuci bersama pakaian atau dicuci secara manual menggunakan tangan.

Disarankan untuk menggunakan air hangat atau juga pemutih untuk membunuh virus yang mungkin menempel. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari untuk mencegah munculnya bakteri.

5. Menggunakan Kembali Masker Sekali Pakai

Selain masker kain, anda juga bisa menggunakan masker sekali pakai untuk digunakan. Hanya saja pastikan untuk tidak menggunakan masker medis berulang kali.

Ketika digunakan, kualitas masker ini bakal menurun. Menggunakannya berkali-kali bisa membuat fungsi perlindungan dari masker ini tidak berjalan secara sempurna.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00