Ini Dampak Jika Anak Sering Nonton YouTube

Ilustrasi anak-anak bermain gadget (Foto: YouTube)

KBRN, Jakarta: Tayangan anak di televisi sangat terbatas. Pada akhirnya banyak prang tua yang lari ke Youtube untuk mencari hiburan yang dapat mengalihkan perhatiaan anak saat kita nggak bisa menemaninya. 

Jika hal itu sering dilakukan, anak jadi bahagia sekali ketika melihat tayangan dari Youtube saat mereka mulai besar. Padahal terlalu sering nonton tayangan di internet bisa memberikan efek buruk pada imajinasi anak, lho. 

Dikutip dari Diadona pada Senin (3/8/2020), saat ini banyak anak yang menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk melihat layar gadget atau handphone. 

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa teknologi bisa membantu perkembangan anak. Tapi ternyata pakar industri berpendapat bahwa terlalu banyak menonton tayangan di internet bisa menghilangkan daya imajinasi anak.

Sebuah survei yang dilakukan pada pengasuh anak menunjukkan bahwa ternyata saat ini jumlah anak yang memiliki teman khayalan lebih sedikit dari lima tahun yang lalu. Banyak dari mereka yang menganggap hal ini disebabkan oleh anak yang terlalu sering menonton tayangan di internet sehingga daya cipta anak menurun.

David Wright, pemilik Nursery Pot Paint di Southampton juga setuju bahwa tayangan di internet dapat menyebabkan masalah pada kreativitas anak dan perkembangan imajinasinya.

“Ketika anak-anak memiliki waktu luang untuk diri mereka sendiri, mereka menemukan sesuatu yang kreatif untuk dilakukan dengan pikiran mereka, seperti membentuk teman khayalan," ungkap David.

Selanjutnya David menjelaskan bahwa akhir-akhir ini anak-anak banyak menghabiskan waktu luang dengan mencari hiburan melalui tayangan di internet. Dia berpikir bahwa hal ini bisa mengurangi kemampuan anak untuk menggunakan daya imajinasi mereka.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00