Oneway Jalur Puncak Libur Idul Adha

Penutupan jalur di Puncak. (Dok: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fitra Zuanda menjelaskan, cara pihaknya pada setiap kali menerapkan sistem oneway atau satu arah pada ruas jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Menurutnya, proses itu diawali dengan penyekatan sementara arus kendaraan di beberapa titik seperti Riung Gunung, Taman Safari, Simpang Gadog dan Pos 1B Tol Ciawi. Tak bisa dipungkiri pada setiap titik-titik tersebut akan menimbulkan antrean kendaraan.

"Proses oneway dari atas ke bawah itu diawali dengan pendorongan oleh tim pendorong dari atas ke bawah. Otomatis kendaraan yang sudah ada di bawah itu di-pending dulu di beberapa titik. Jadi bukan macet, tapi memang dipending dulu," ujar Fitra, Sabtu (01/08/2020). 

Fitra juga menjelaskan, pada Sabtu (01/08/2020) ini juga sempat diberlakukan sistem oneway sejak pukul 14.30 WIB. Namun, pada pukul 17.00 WIB kembali menerapkan atau membuka jalur dua arah. 

"Kita telah melakukan pendorongan dari pernomalan dari atas untuk kita berlakukan normal dua arah kembali," tuturnya. 

Volume kendaraan, kata dia, hari ini mengalami peningkatan baik dari arah Jakarta menuju Puncak atau-pun sebaliknya. Hal itu tak lepas dari libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. 

"Karena kan dari hari Jumat ada kenaikan kendaraan. Jadi mereka yang hari ini mau turun (ke arah Jakarta) juga pasti banyak kendaraan tapi masih dalam kategori yang normal," ujarnya. 

Oleh sebab itu, Fitra mengimbau agar pengendara yang hendak berlibur bisa taat dalam berlalu lintas.

"Tetap patuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00