Bahaya, Ini Akibat Menurunkan Masker ke Dagu

Ilustrasi wanita menurunkan masker ke dagu (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Di era tatanan kehidupan baru atau new normal pada masa covid-19, setiap masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker ketika menjalani aktivitasnya sehari-hari

Namun, sayangnya masih banyak orang yang salah ketika memakai masker atau malas dalam menggunakan masker. Salah satu contohnya, seperti ketika mereka menurunkan masker ke bagian dagu, sebagian orang melakukan itu karena merasa sesak ketika memakai masker.

"Efektivitas mengenakan masker dengan baik dan benar dapat menekan peluang penularan lebih dari 50 persen," kata dr Reisa Broto Asmoro, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada beberapa waktu yang lalu.

Dikutip dari New York Times, dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine, Shan Soe-Lin menyatakan jika memang seseorang butuh waktu untuk membiasakan diri dengan menggunakan masker.

Namun, dengan tegas ia menyebut bahwa tidak boleh menurunkan masker sampai ke dagu, karena jika seseorang merasa sesak, kemungkinan dia sudah menggunakan masker dengan benar.

"Jika kamu merasa sedikit sesak, kamu mungkin sudah menggunakan maskernya dengan benar," ucap Soe-Lin.

Ia juga memperingatkan orang-orang untuk tidak menurunkan masker ke bagian dagu. Karena dapat meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara.

Pertama, penularan virus melalui hidung, kedua melalui mulut.

"Kamu tidak boleh menarik atau menurunkan masker ke dagu. Jika kamu merasa kesulitan mengenakan masker, biarkan saja," tambahnya.

"Ketika anda tidak gunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko anda terinfeksi tentu lebih besar, bukan sekedar dilepas dan diletakkan di dagu melainkan dicopot saja dari wajah anda dan buang," sambungnya.

Terlebih, katanya, jika dihadapkan dengan banyak orang, kemudian masker ada di dagu, sama saja tidak ada gunanya menggunakan masker.

“Dengan meletakkan masker yang kotor ke dagu, kuman dan bakteri di dalamnya pun bisa dengan mudah terhirup melalui hidung,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00