Begini Syarat Terbang dari Minangkabau

KBRN, Bukittinggi: Demi meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), mengoptimalkan layanan rapid test untuk calon penumpang pesawat udara.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Yos Suwagiono, melalui telpon selulernya, menyebutkan, layanan rapid test ini demi memudahkan calon penumpang. Sebab, kata dia, salah satu syarat bagi calon penumpang hendak terbang.

“Calon penumpang pesawat udara itu harus memiliki surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif Covid-19 yang berlaku 7 hari, atau surat keterangan uji Rapid Test, dengan hasil non-reaktif Covid-19 yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan,” kata Yos, Jum’at (10/7/2020).

Penyediaan layanan rapid test tersebut ulas Yos Suwagiono, PT Angkasa Pura II bekerja sama dengan PT Kimia Farma Labor Klinik Padang sudah dilaksanakan sejak 12 Juni 2020 lalu. Yos juga mengatakan, akan terus berjalan hingga batas waktu belum ditentukan.

“Prosedur keberangkatan penumpang pesawat rute domestik mengacu pada surat edaran nomor 07/2020 yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional, di mana bagi calon penumpang yang dinyatakan reaktif. Tidak diizinkan terbang, dan hasil rapid tesnya akan dilaporkan pada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, serta Dinas Kesehatan asal domisili calon penumpang,” ucap dia.

Menurut Yos Suwagiono, dalam surat edaran tersebut, selain harus memiliki identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lain sah, calon penumpang juga harus mengantongi surat keterangan uji tes PCR atau uji rapid test.

“Di samping itu setiap calon penumpang pesawat juga diimbau untuk memperhatikan prosedur tambahan yang ada di kota tujuan, dan diharapkan dengan adanya layanan rapid test di Bandara Internasional Minangkabau BIM) ini, dapat memudahkan dan membantu masyarakat dalam melakukan perjalanan dengan pesawat udara,” kata dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00