Penumpang MRT Naik Saat Pandemi, Bahayakah?

Antrian penumpang MRT dengan tetap menjaga jarak, (Dok. Istimewa)
Data Jumlah Penumpang MRT Jakarta Bulan Juni 2020, (Dok. MRT)

Data terbaru per 1 Juli, ini kemarin, 21.478 Penumpang. Jadi angkanya mulai terus naik

KBRN,  Jakarta :  Kenaikkan penumpang moda raya terpadu (MRT)  terus dirasakan dimasa pandemi, disaat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta.

"Setelah Gubernur DKI mengumumkan Jakarta masuk fase PSBB transisi angkanya mulai naik dan di 30 Juni kita sudah mencatatkan penumpang sejumlah 20.793. Data terbaru per 1 Juli, ini kemarin, 21.478 Penumpang. Jadi angkanya mulai terus naik," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar di Jakarta, Kamis (2/7/20).

"Di awal Juni kemarin masih di bawah 5.000, bahkan di weekend sekitar 1.000 orang," catatan William Sabandar.

Tren positif ini tetap diantisipasi dimasa pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :Benarkah Tranportasi Publik Aman Dari Covid-19?

Saat ini pihaknya sudah menyiapkan skenario yang mampu menampung hingga 70 ribu penumpang per hari dengan tetap mengindahkan jaga jarak fisik (physical distancing).

"Nah yang Anda lihat di stasiun tadi itu adalah situasi kita mempersiapkan situasi yang kira-kira kita bisa akomodir itu sampai 70.000 penumpang dengan jaga jarak. Dengan 70.000 penumpang itu kita bisa pastikan antrean itu bisa dikelola dengan baik," lanjut William Sabandar di Depo MRT Jakarta Lebak Bulus, Kamis (2/7/2020).

Apapun kondisinya, MRT siap jika penumpang kembali meningkat dimasa perpanjangan PSBB transisi sampai dua pekan ke depan.

"Maka kita akan menambah pick hours kita. Sekarang 2 jam di pagi dan 2 jam di sore hari. 7-9 pagi dan 5-7 sore. Kalau penumpang sampai 70.000 kita menambahkan jadi 3 jam di pagi hari dan 3 jam di sore hari," Skenario yang disiapkan pihak MRT mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. 

BACA JUGA :MRT Kampanyekan 'Bangkit' Lawan Covid-19

BACA JUGA :PSBB Transisi, MRT Kembali Normal 5 Juni

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00