Pasar Sunter Juga Harus Tanpa Kantong Plastik

KBRN, Jakarta: Perumda Pasar Jaya memastikan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai akan berlaku di seluruh pasar di Jakarta, mulai Rabu (1/7/2020) besok. Manager Area 13 Pasar Jaya, Danu Mulyanto merespons rencana tersebut dengan menyebut sejak bulan April 2020, tahapan sosialisasi sudah dilakukan.

"Agar pedagang dan pengunjung pasar lebih memahami aturan pelarangan kantong plastik," kata Danu saat ditemui di Pasar Sunter Podomoro, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (30/6/2020).

Perturan pelarangan itu termaktub dalam Peraturan Gubernur (Pergub) 142/2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

"Sesuai ketentuan memang mulai besok pelarangan kantong plastik ini akan dilakukan di seluruh area jual beli di Pasar Jaya, area 13 ini," ujar Danu.

Danu juga mengatakan, pengawasan dalam hari pertama tanpa kantong plastik sekali pakai juga akan dilakukan.

"Karena memang sudah jauh hari kita lakukan sosialisasi. Tentunya, sosialisasi sendiri terus dilakukan saat ini kepada para pedagang dan pengunjung pasar," ucap dia.

Maka dari itu, dalam menjalani tupoksi Pergub DKI Jakarta demi mengurangi limbah plastik itu, dia juga berpesan untuk masyarakat saat hendak belanja ke pasar.

"Jadi, mulai besok para pengunjung wajib membawa kantong belanjaan sendiri. Atau sudah disiapkan dari rumah sebelum berangkat ke pasar. Diharapkan para pengunjung dan pedagang pasar sudah siap dalam pelaksanaan larangan plastik," kata Danu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00