Ini Alternatif Kantong Belanja Ramah Lingkungan

Ilustrasi (Dok. Ist)

KBRN, Jakarta: Pemerintah DKI Jakarta memberlakukan pelarangan penggunaan kantong plastik untuk berbelanja, pada Rabu (1/7/2020) esok.

Kebijakan itu bertepatan dua hari sebelum peringatan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia atau International Plastic Bag Free Day yang jatuh pada 3 Juli.

Alternatif penganti kantong plastik saat ini harus dicari. Ternyata beberapa produk kantong yang ramah lingkungan sudah ada dan diproduksi.

1. Kantong plastik Avani Eco.

Avani Eco merupakan perusahan Indonesia yang berbasis pada Bio-degradable plastic yang dapat mencair ketika terkena air. Dibangun pada 2014 oleh Kevin Kumala, Avani Eco dibuat untuk menggantikan kantong plastik konvensional dan sebagai solusi untuk memerangi epidemi pencemaren plastik global. 

Keunggulannya terletak dari sumber daya yang digunakan untuk produksi plastik tersebut, yakni cassava atau singkong. Di Indonesia singkong adalah salah satu bahan pangan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, hal ini membantu Avani Eco untuk menguasai sumber daya tersebut.

2. Kantong plastik Ecoplas

Kantong plastik Ecoplas berbahan singkong. Diproduksi PT Tirta Marta, kantong yang berbahan dasar tepung tapioka ini sangat cepat terurai, hanya membutuhkan waktu satu minggu saja.

3. Plastik berbahan dasar rumput laut

Produk ini dikeluarkan perusahaan bernama Evoware. Produk ini sangat ramah lingkungan bahkan bisa dimakan. Plastik ini sangat sesuai jika dijadikan sebagai kemasan makanan siap saji.

4. Plastik Nanucellulose

Kantong ini terbuat dari tanaman-tanaman kecil. Biasanya pemanfaatan plastik ini dijadikan gelas atau gerabah karena tekstur plastik ini yang padat. Plastik ini juga bisa dijadikan sebagai komponen elektronik.

5. Plastik Sulapac

Plastik Sulapac merupakanp produk berbahan dasar kayu buatan Finlandia. Plastik ini sangat cocok dipakai sebagai gerabah.

6. Plastik Susu Sapi

Tessa Silva-Dawson menjadikan susu sapi menjadi bahan pengganti plastik. Ia mendesain vas unik dari susu sapi yang di ekstrasi.

7. Plastik Jamur

Jamur ternyata bisa menjadi bahan dasar pengganti kantong plastik. Perusahaan bernama Evocative Design menjadikan jamur sebagai bahan pengganti plastik. Salah satu produknya botol.

8. Plastik Shrilk Biodegradable

Produk ini buatan Harvard University yang sangat ramah lingkungan. Plastik ini terbuat dari bahan alami yakni cangkang arthropoda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00