Ini Rekomendasi Pekerjaan Cocok Untuk Lulusan SMA

Ilustrasi.jpeg

KBRN, Jakarta: Baru-baru pengumuman hasil kelulusan telah di dapat bagi para siswa/siswi SMA/SMK sederajat. Banyak dari mereka juga yang memilih untuk langsung mencari pekerjaan ketimbang melanjutkan ke perguruan tinggi, alasannya ingin memiliki uang jajan sendiri.

Tetapi sayangnya, kebanyakkan dari lowongan pekerjaan di perusahaan mewajibkan harus memiliki ijazah S1 sebagai kriteria masuk. Namun bagaimana kalian mengatasi masalah tersebut ketika kalian hanya meiliki ijazah lulusan SMA, apalagi di zaman pandemi Covid-19 saat ini yang mencari pekerjaan susah.

Jangan khawatir, RRI punya beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa anda coba walaupun hanya memiliki ijazah lulusan SMA/SMK. Berikut beberapa pekerjaannya:

1. Membuka Bisnis

Jika tidak ingin bekerja ikut orang lain, anda bisa mencoba untuk berbisnis sendiri. Modal yang terbatas kini bukan halangan karena ada berbagai bisnis yang bisa dimulai dengan modal yang kecil. 

Ketika kalian mencoba bisnis sendiri, banyak hal yang bisa dipelajari. Mulai dari sifat pantang menyerah, belajar menerima kegagalan, belajar bagaimana tetap rendah hati dan menghargai orang lain saat posisi kalian sudah di atas.  Dan anda bisa memulainya dengan bisnis online dengan berjualan baju, sepatu, kuliner atau lainnya.

2. Freelancer 

Ingin bekerja yang tidak mengikat waktu? Kalian bisa mencoba dengan menjadi seorang freelancer.  

Menjadi seorang freelancer bisa kalian sesuaikan dengan keahlian yang dimiliki apakah menulis, editing, designer atau bahkan membuat website. Kini banyak perusahaan yang mencari tenaga freelancer untuk membantu dalam hal-hal tersebut. Jadi anda juga mbisa menyalurkan hobi anda didalam pekerjaan anda yah guysss..

3. MUA  

Jika anda suka sekali bermake-Up, menjadi seorang MUA atau make up artist juga tidak memerlukan ijazah S1. Kalian hanya perlu memiliki keahlian dalam merias wajah orang lain.  

Lebih bagus jika kalian memiliki sertifikat mengikuti kelas make up dari MUA ternama. Harga yang dipatok MUA sendiri beragam. Namun semakin ahli kalian dalam merias dan punya ciri khas, maka semakin tenar dan semakin mahal pula harga jasa kalian. 

4. Customer Service  

Jika ingin bekerja di perusahaan, kalian bisa melamar di bagian layanan pelanggan. Mendaftar di divisi layanan pelanggan berarti harus siap berurusan dengan aneka macam pelanggan.  

Di divisi layanan pelanggan, kalian akan belajar bagaimana mengontrol emosi, menghadapi kemarahan pelanggan atau bahkan tingkah pelanggan dan sebagainya. Di sini kalian juga akan menemui banyak tipe orang yang berbeda-beda, sehingga bisa memperluas koneksi juga cara berkomunikasi kalian. 

5. Barista  

Menjadi seorang barista tidak memerlukan syarat lulusan S1. Kalian hanya diwajibkan untuk memiliki ketertarikan terhadap kopi, mau belajar dan ramah pada pelanggan. 

Profesi barista sendiri kini banyak digeluti oleh para penggemar kopi. Dengan menjadi seorang barista, kalian akan mempelajari aneka macam biji kopi, bagaimana membuat ragam minuman seperti latte, V60, bahkan milkshake. Kalian juga akan diajarkan bagaimana menggunakan mesin kopi dan masih banyak lagi. 

Jadi, yang mana yang menjadi keahlian anda? jika memang ada yang cocok dengan pekerjaan diatas bisa untuk dicoba dari sekarang untuk memberikan berkas-berkas pekerjaan kalian ke perusahaan yang kalian tuju yah guyssss....

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00