Semua Mal di Jakarta Dibuka 15 Juni

Pengunjung menjaga jarak fisik saat antre untuk mencuci tangan sebelum masuk ke Q-Mall di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj).

KBRN, Jakarta: Ketua Asoiasi Persatuan Pusat Belanja di Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan bahwa mulai 15 Juni 2020 semua mal di Jakarta akan kembali beroperasi.

Hal itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perdagangan serta Peraturan Gbernur (Pergub) DKI Jakarta.

"Dengan sudah diterimanya surat edaran dari Menkes dan dari Mendag serta terbitnya Pergub No: 51/2020 dan juga keputusan Gubernur No : 563/2020, dimana Pusat Belanja dijadwalkan mulai reopening pada tanggal 15 Juni 2020," jelas kepada rri.co.id pada Minggu (7/6/2020).

Dikarenakan masih dalam masa transisi tahap satu, katanya, kategori tenant yang akan dibuka di mal DKI hanya sebagian.

"Kategori yang belum akan buka di tanggal 15 Juni dan sedang akan dipertimbangkan untuk buka di fase berikutnya adalah lebih kearah leisure kategori, antara lain cinema, fitness, karaoke, arena permainan anak dan tempat kursus anak," katanya.

Ia menjelaskan, nantinya juga akan ada pembatasan kapasitas pengunjung mal juga akan menjadi 50 persen. Pembatasan ini terutamanya untuk menjaga kesehatan publik, untuk itu ia berharap pihak mal dapat mengerti keputusan pemerintah tersebut. 

"Para Resto Dine-In dan food court juga menata kembali kapasitas meja kursinya agar menjadi 50 persen. Pengelola mall juga memiliki team pengendali covid-19 serta team security yang akan membantu mengawasi traffic pengunjung," jelasnya.

Ellen menjelaskan untuk jam operasional pusat belanja akan ditentukan oleh masing-masing pusat belanja, tapi pada umumnya sebagian besar

mall hanya akan buka dari jam 11.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta mulai 5 Juni hingga akhir Juni 2020. Anies mengatakan saat ini merupakan masa transisi. Masa PSBB diperpanjang karena sebagian besar wilayah di Jakarta sudah berstatus zona hijau dan kuning.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00