Jumlah SPBU Dipastikan Terus Bertambah di Indonesia

Salah satu SPBU milik Pertamina di Jakarta (KataData)

KBRN, Jakarta: PT. Pertamina (Persero) memastikan rencana penambahan tempat atau lembaga penyaluran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih tetap berjalan sesuai rencana sepanjang 2020.

Demikian menurut penjelasan yang disampaikan Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulisnya.

Fajriyah mengatakan, hingga saat ini Pertamina secara keseluruhan telah mengoperasikan sebanyak 7.026 SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia. 

“Untuk penambahan tempat (lembaga) penyaluran SPBU Pertamina masih tetap berjalan sesuai dengan perencanaan, termasuk Program BBM Satu Harga dan Program Digitalisasi SPBU," terang Fajriyah Usman dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (3/6/2020). 

Fajriyah menjelaskan, untuk program BBM satu harga, Pertamina menargetkan penambahan 71 unit pada tahun ini. Saat ini seluruhnya tengah dalam tahapan proses perizinan.

Meski belum mau merinci lebih jauh, Fajriyah menegaskan untuk unit yang kini dioperasikan oleh Pertamina seluruhnya masih tetap beroperasi.

BACA JUGA: SPBU Pertamina Tetap Buka Melayani Masyarakat

“Saat ini seluruh SPBU tetap beroperasi dengan tetap menjalankan HSSE dan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Pertamina akan terus memantau perkembangan, mengingat kebutuhan BBM tetap harus terjamin ketersediaannya," jelas Fajriyah.

Di sisi lain, untuk Provinsi Jawa Timur dan Bali, sampai dengan 22 Mei lalu, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V telah mengoperasikan 7 (tujuh) titik Pertashop baru.

Ketujuh unit Pertashop tersebut berada di Desa Sidoharjo di Kabupaten Gresik, Desa Kemiri di Kabupaten Jember, Desa Kraton di Kabupaten Lumajang, Desa Pagak dan Desa Kalisongo di Kabupaten Malang, Desa Pacet di Kabupaten Mojokerto, dan Desa Duda di Kabupaten Karangasem, Bali.

Secara keseluruhan, sudah ada 9 (sembilan) titik Pertashop yang beroperasi karena sebelumnya Pertamina MOR V sudah meresmikan 2 (dua) titik Pertashop di Desa Mengwi dan Desa Bangli, Bali.

BACA JUGA: Penyaluran di SPBU Menurun, Pertamina Optimalkan Layanan Pesan Antar

Sementara itu, hingga saat ini Pertamina terus mengembangkan segmen bisnis ini dengan mengejar tambahan 20 Pertashop dengan sebaran masih di pulau Jawa.

"Saat ini sedang on progres tambahan 20 di Jawa, di luar yang sudah beroperasi saat ini," terangnya.

Sementara itu sejak 2019, Pertamina telah merealisasikan 161 titik penyaluran BBM satu harga. Realisasi itu lebih banyak satu titik dibanding target yang diberikan pemerintah sebanyak 160 titik penyaluran.

Pada awal tahun ini, Pertamina pun telah merealisasikan BBM Satu Harga di sejumlah wilayah, yakni di Kabupaten Sigi, Kecamatan Palolo dan Peovinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00