Ini Bentuk Kolaborasi Bersama Kita Lawan Covid-19

Penyerahan bantuan APD

KBRN, Jakarta :  Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, PTT Exploration and Production (PTTEP) Indonesia menyalurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD), Rapid Test, dan Paket Pangan Sehat yang didistribusikan di wilayah Jakarta Utara. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian dari PTTEP terhadap situasi sulit yang dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat akibat pandemi covid-19. Mereka ingin ikt berkolaborasi bersama melawan Covid-19.

APD diberikan kepada puluhan tenaga medis yang kini masih berjuang sebagai perantara kesembuhan pasien. APD tersebut meliputi Hazmat Suit, Goggle Glass, Surgical Mask, Hand Gloves, Face Shield, dan Safety Boots.

Seperti diketahui sampai dengan saat ini kebutuhan APD masih diperlukan oleh tenaga medis karena semakin banyak pasien dengan status OPD, PDP maupun positif covid-19.

Ratusan rapid test diberikan bagi warga yang memiliki status ODP  dan PDP covid-19 namun memiliki keterbatasan biaya untuk menjalani test.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19 adalah adanya pemeriksaan / deteksi dini terhadap orang dengan gejala covid-19.

Jika terdeteksi lebih cepat maka penanganan yang dilakukan pun akan lebih mudah dan penyebaran bisa diminalisir karena segera melakukan tindakan isolasi. 

Adapun paket pangan sehat diberikan kepada setengah juta warga di Cilincing, Jakarta Utara yang saat ini tidak mampu membeli makanan pokok utama yang sehat dan bergizi dikarenakan kehilangan pekerjaan dan usaha yang gulung tikar.

Bisa merasakan bagaimana derasnya cucuran keringat tim medis dalam menangani pasien covid-19. APD yang kami berikan adalah bentuk apresiasi dan penghormatan kami terhadap mereka.

"Kami pun bisa merasakan getirnya masyarakat yang kini tengah berjuang melawan keterpurukan ekonomi. Dalam masa krisis seperti ini, kewajiban kita untuk saling membantu dan menguatkan. Semoga bantuan yang kami berikan bisa menumbuhkan kembali semangat untuk bangkit dan bertahan,“ tutur Irwan Mardelis selaku Public Affairs and Relation Officer PTTEP melalui keterangan tertulis Jumat (22/05/2020).

Selain itu Irwan juga berharap pandemi segera berakhir dan menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah sehingga meminimalisir penyebaran covid-19.

Dalam pelaksanaan penyaluran bantuan, perusahaan migas asal Thailand tersebut berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa. Kemitraan PTTEP dan Dompet Dhuafa terjalin sejak tahun 2014 dengan mendirikan Gerai Sehat Rorotan (GSR), sebuah layanan kesehatan cuma – cuma yang diperuntukkan bagi masyarakat prasejahtera.

“Kini, Gerai Sehat Rorotan sudah beroperasi genap 5 tahun, sebagai wujud syukur atas eksistensi GSR sampai dengan saat ini maka kami bersama PTTEP mencoba untuk membantu meringankan masyarakat sekitar GSR yang terdampak pandemi covid-19.

Harapannya, keberadaan GSR semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” ujar Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00