Satu Lagi PDP Warga Sibolga Dikonfirmasi Meninggal Dunia

KBRN, Sibolga : Satu orang lagi warga Kota Sibolga bersatus PDP (pasien dalam pengawasan) dikonfirmasi meninggal dunia, Rabu (6/5/2020).

PDP tersebut laki-laki berinisial RM (67), warga Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga.

Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Sibolga, Firman Hulu mengatakan, RM menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul.06.40 WIB, di Rumah Sakit Martha Friska, Kota Medan.

Ia menyebut, RM juga akan dikebumikan sesuai protokol Covid pada pasien PDP, di areal pemakaman Simalingkar, Medan.

"Meninggalnya tadi pagi. Karena PDP, pasien dikuburkan di Simalingkar," ucap Firman, dikonfirmasi melalui telepon seluler,(6/5).

Dijelaskan, awalnya RM sempat Opname (pasien rawat inap) sejak tanggal 1 hingga 5 Mei 2020 di Rumah Sakit Umum Daerah FL. Tobing, Kota Sibolga.

Meski hanya mengeluh demam serta kesulitan menggerakkan tangan dan kaki setelah terjatuh di kamar mandi, namun pihak Rumah Sakit tetap melakukan Rapid Test Covid-19 kepada RM di hari pertama perawatan.

Dan test pertama hasilnya non reaktif (tubuh belum membentuk antibodi terhadap serangan virus), karena RM juga tidak punya riwayat perjalan dari daerah terwabah virus corona.

Kemudian rapid test kembali dilakukan pada tanggal 5 Mei, barulah didapati hasil reaktif pada tubuh RM yang dalam keadaan demam, batuk dan sesak nafas.

Hasil rapid test itu pula menjadi dasar penetapan RM sebagai PDP, dan selanjutnya dilakukakan pemeriksaan Swab tenggorokan guna keperluan diagnosis (penentuan jenis penyakit) oleh tenaga medis Rumah Sakit FL. Tobing.

"Itu masih hasil rapid test ya, jadi pasien belum bisa dipastikan positif atau tidak," tegas Firman.

Pada hari ditetapkan PDP, RM segera diberangkatkan sekitar pukul. 17.48 WIB, ke Rumah Sakit Martha Friska, Medan, berikut sampel (contoh) Swab yang diambil juga dikirimkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kesehatan Kota Sibolga.

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sibolga juga telah mengkonfirmasi PDP berinisial BUL meninggal dunia setelah dirujuk ke rumah sakit yang sama.

BUL yang memiliki riwayat penyakit Tuberculosis (TBC) paru, dinyatakan meninggal pada hari Rabu (29/4/2020), di Rumah Sakit Martha Friska. Dan dikebumikan di areal pemakaman Simalingkar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00