Kurangi Dampak Corona, 10 Tunawisma Dirujuk ke Balai Ini

KBRN, Jakarta: Sesuai dengan hasil koordinasi dan diskusi antara Balai "Mulya Jaya" dengan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur mengenai pengurangan resiko dampak penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19 khususnya bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di daerah Jabodetabek, telah dirujuk PPKS dari _Shelter_ GOR Ciracas ke Balai "Mulya Jaya" Kemensos. PPKS merupakan tuna wisma atau tempat tinggal.

Kepala Balai, Juena Sitepu kepada RRI, Rabu (06/05/2020) didampingi Kepala Seksi Asesmen dan Advokasi Sosial, Agung Santoso menyampaikan, bahwa balai ini akan dijadikan tempat tinggal sementara untuk PPKS.

"Selamat datang ibu-ibu semuanya, nanti ibu-ibu akan tinggal disini untuk sementara waktu. Kami juga berterimakasih kepada Suku Dinas Sosial Jakarta Timur yang telah merujuk PPKS ke balai kami", sambut Juena pada kesempatan itu.

Sementara menurut Petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Kurniawan,  bahwa PPKS yang telah dirujuk  itu berjumlah 10 orang dan mereka karena tidak memiliki tempat tinggal serta tidak memiliki keluarga, sehingga membutuhkan tempat tinggal sementara untuk dapat di rehabilitasi sosial.

"Untuk PPKS ini jumlahnya 10 orang yang membutuhkan tempat tinggal sementara dan bisa direhabilitasi di balai ini," jelas Kurniawan.

Dijelaskan, pada awal kedatangan, PPKS diberikan pemaparan terkait prosedur sebelum memasuki asrama seperti protokol kesehatan dan pengenalan mengenai balai. Selain itu, PPKS akan diberikan layanan kebutuhan dasar seperti layanan kesehatan, permakanan, dukungan psikososial, keterampilan, dan dukungan spiritual. Kegiatan ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan dan mengisi waktu luang sebelum dipulangkan ke keluarga masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00