Tak Kalah dengan yang Muda, Air Kelapa Tua Juga Banyak Manfaatnya

Foto Ilustrasi : stylecraze.com

KBRN, Jakarta : 'Tua-Tua Keladi', istilah ini ternyata juga dapat disematkan pada buah kelapa. 

Semakin tua, kelapa diyakini semakin memiliki kandungan nutrisi yang banyak, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari sehatq.com, air kelapa tua mengandung nutrisi dan mineral yang melimpah. Dimana secara umum, buah dengan nama latin cocos nucifera ini mengandung, kalori, lemak, sodium, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin C, B6, potasium, mangan, magnesium, riboflavin, thiamin.

Dengan kandungan itu, berbagai manfaat dapat diperoleh dari air kelapa tua. 

Pertama dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian kecil dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71 persen.  

Kedua air kelapa tua merupakan sumber antioksidan yang dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul. 

Ketiga membantu menurunkan gula darah, karena merupakan sumber magnesium, potasium, mangan, vitamin C, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa satu ini. Pasalnya, penelitian tersebut masih dilakukan pada hewan tikus. 

Selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Suatu penelitian yang dilakukan pada hewan uji mengemukakan bahwa hewan yang mengonsumsi air kelapa muda bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati. 

Peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 ml per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan pada manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi. 

Misalnya, seseorang yang memiliki berat 68 kilogram harus mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap harinya. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. 

Kelima air kelapa tua bisa mencegah batu ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik guna memenuhi asupan cairan sekaligus membantu Anda terhindar dari penyakit batu ginjal (kencing batu).

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan pada tikus. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa air Cocos nucifera mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. 

Selain itu, air kelapa juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin. Para peneliti pun percaya bahwa air Cocos nucifera dapat membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap kadar oksalat yang tinggi dalam urine. 

Sayangnya, ini merupakan penelitian pertama yang meneliti efek air kelapa pada batu ginjal. Sehingga masih dibutuhkan banyak penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaat satu ini. 

Terakhir adalah dapat memulihkan dehidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang setelah berolahraga.

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium untuk tetap terjaga keseimbangan cairannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00