Fenomena Super Pink Moon dapat Terlihat di Malam ini

KBRN, Jakarta: Malam ini jika anda menatap langit malam, anda akan melihat fenonema Bulan Super Pink (Super Pink Moon) atau supermoon terbesar tahun ini yang bersinar besar dan cerah. 

Bulan purnama akan berada di perigee-syzygy  yang berarti akan paling dekat dengan Bumi - 221.772 mil  atau setara 356.907 kilometer jauhnya. Fenomena ini terlihat bumi, bulan dan matahari semua akan sejajar. 

Ini berarti bahwa ketika sebuah bulan berada di perigee-syzygy, itu akan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Tapi, karena perigee-syzygy tidak begitu menarik, istilah "supermoon" muncul dan bulan purnama khusus ini juga dijuluki "Super Pink Moon."

Fenomena Supermoon ini bukan berarti bulan akan benar-benar berwarna merah muda. Nama Supermoon ini karena bulan purnama pada yang hadir pada April ini seringkali bersesuaian dengan mekarnya bunga merah muda di Amerika Utara bagian timur. 

" Tetap saja itu akan cerah dan cemerlang dan benar-benar indah," kata Jackie Faherty, seorang astronom di Museum Sejarah Alam Amerika di New York City, seperti dikutip Space.com, Selasa (7/4/2020).

"Anda akan dapat melihat Bulan Super Pink sepanjang malam ini saat naik, bergerak melintasi langit dan terbenam, itu akan sangat menakjubkan saat bulan terbit. Pemandangan ini disebabkan ilusi optik yang terjadi, karena bulan naik di atas cakrawala yang membuatnya tampak lebih besar," terangnya.

Menurut Faherty dengan banyaknya orang berada di rumah agar terhindar dari virus COVID-19, fenomena Bulan Super Pink ini adalah kesempatan yang bagus untuk bersena ng-senang dan belajar. 

"Keluarga dapat mulai mempelajari bulan dengan mengajak anak-anak mereka dan supermoon ini adalah tempat yang bagus untuk memulai, kata Faherty. 

Tidak hanya supermoon yang ekstra cerah dan indah, tetapi bahkan nama "bulan merah muda" membuatnya lebih menarik bagi anak-anak.

"Ini adalah undangan bagi semua orang untuk menjadi ahli bulan itu, jadilah orang dalam kelompok kecil itu yang dapat membedakan ketika bulan hanya sedikit lebih terang," "pungkas Faherty. (foto: Instagram/azoriuskingdom)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00