Hindari Kemacetan, TPU Menteng Pulo Jadi Jalur Alternatif

KBRN, Jakarta:  Kendaraan roda dua terlihat terus melewati jalur utama yang membelah area Blok AA II Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo 2, Menteng Pulo Dalem, Jakarta Selatan. Pemandangan yang terus terlihat sejak beberapa hari terakhir hingga Kamis (20/2/2020).

Bahkan, sehari sebelumnya jagat dunia maya diramaikan dengan respon warganet atau netizen terkait video milik akun Widji Aldesta @widjialdesta yang kemudian diunggah kembali oleh Jakarta Info @jktinfo di instagram. Video tersebut memperlihatkan pengendara roda dua yang melintasi wilayah pemakaman Menteng Pulo bahkan hingga di sudut-sudut makam.

Meski netizen banyak yang mengecam aksi para pengendara, namun warga di sekitar pemakaman memiliki tanggapan tersendiri terkait keadaan ini. Sebagaimana disampaikan oleh salah satu pemilik warung kopi di area TPU Menteng Pulo2.

“Keadaannya memang begini kalau jam sibuk, rame. Apalagi kalau hujan begini,” tutur Warsih.

Menurut Warsih meski keadaan ini bukan hal lazim yang ditemui namun, dirinya memaklumi keputusan para pengendara motor yang memilih melewati area pemakaman. Keadaan lalu litas Jakarta yang sangat padat terlebih di jam sibuk seperti pagi hari menjadi alasan pemakluman Warsih.

“Saya tidak keberatan, kan musim hujan begini macet kasian kalau mereka kesiangan (terlambat) kerjanya,” ungkap Warsih.

Sementara itu, salah satu pengendara motor Arif Budi mengatakan, jalur alternatif yang “tidak lazim” ini dipilih karena jalur berkendara yang biasa dilaluinya terasa semakin padat. Sebelumnya Arif sering mengambil jalur berkendara melewati Kalibata dan Pancoran dari kediamannya di Pasar Rebo menuju kantor yang berada di wilayah Kuningan.

“Ya, salah satu alasannya karena itu memotong jalur untuk menghindari kemacetan. Kan pernah nyoba jalur dari arah Kampung Melayu dan itu macet banget apalagi kalau hujan begini,” aku Arif.

BACA JUGA: Area Makam Tanah Kusir Jadi Jalan Pintas, Ganggu Aktivitas Peziarah

Lebih lanjut Arif menjelaskan, jalur alternatif TPU Menteng Pulo ini direkomendasikan oleh salah satu rekannya. Dimana diakui Arif informasi terkait jalur alternatif ini telah menjadi informasi yang menyebar secara personal di kalangan masyarakat. Dikatakan Arif, dirinya pun tidak mengetahui kalau ternyata jalur ini tidak diperbolehkan bagi pengguna kendaraan bermotor yang tidak memiliki urusan di area pemakaman.

“Oh, kalau terkait aturan itu jujur saya tidak tahu, tapi info rute ini saya dapat dari teman saya” terang Arif.

Menanggapi keadaan ini Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) TPU Menteng Pulo Edi Nurjaman menuturkan bahwa memang wilayah pemakaman TPU Menteng Pulo memiliki jalur yang mudah diakses oleh siapa saja. Akses jalan ini kemudian terkoneksi dengan jalan Jl. Casablanca yang menghubungkan wilayah Tebet dan Kuningan.

“Jalur Casablanca memang salah satu yang cukup padat mungkin karena alasan itu para pengendara ini nyari alternatif ke alur percepatan. TPU ini (Menteng Pulo) kan punya beberapa pintu gerbang yang memang untuk pelayanan pemakaman, salah satunya dari pemukiman warga Menteng Pulo Dalem,” jelas Edi.

Terkait aturan, Edi menyatakan bahwa memang jalur jalan yang ada di pemakaman hanya diperuntukkan bagi pelayanan pemakaman atau masyarakat yang ingin berziarah. Selebihnya untuk jalur alternatif lalu lintas tidak diperbolehkan.

“Kalau utamanya sebenarnya sih gak boleh, karena kan itu untuk pelayanan pemakaman dan memang alternatifnya karena jalannya nembus ke warga ya paling yang make biasanya hanya warga aja yang memang kapasitasnya gak banyak. Tapi ya kemarin itu pas lebih banyak dari biasanya” tambah Edi.

Berdasarkan pantauan RRI di lapangan, salah satu penyebab kemacetan di Jl. Casablanca karena adanya proyek galian kabel milik PLN. Pihak pengelola TPU menuturkan kalau pengerjaan penggalian ini akan selesai satu hari lagi. Namun, dengan kondisi cuaca Jakarta yang masih tersu didera hujan bias saja penyelesaian galian ini akan mundur dari jadwal yang telah ditetapkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00