Unik! Siswa SMP di Palangka Raya Rayakan Valentine Day dengan Cara Ini

KBRN, Palangka Raya : Valentine Day banyak diperingati di seluruh dunia pada setiap tanggal 14 Februari. Dalam situasi seperti tersebut diperlukan peran pemerintah untuk melarang hal-hal yang harus diwaspadai, peran orang tua juga menjadi salah satu hal yang sangat penting, hal tersebut berlaku untuk remaja maupun dewasa.

Kepala sekolah SMP Nasional Palangka Raya Putir mengatakan meski edaran resmi dari Dinas Pendidikan Kota maupun Provinsi belum ada untuk melarang siswa didik dari tingkat SMP hingga SMA merayakan Valentine Day atau Hari Kasih Sayang namun di sekolahnya Valentine Day dimaknai dengan saling menunjukan kasih sayang antara guru dan siswa didiknya melalui saling bersalam–salaman sebagai bentuk sayang cinta kasih orang tua guru kepada anak didiknya.

”Kami rayakan Hari Kasih sayang tahun ini cukup dengan saling bersalaman antara guru dan murid sebagai bentuk kasih sayang guru selaku orang tua siswa di sekolah," kata Putir kepada RRI, Jumat (14/2/2020).

Sementara itu pandangan lain tentang  Valentine Day diutarakan sekretaris Umum Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Tengah Ridwan Syahrani, menurutnya Valentine Day tidak perlu dirayakan secara berlebihan dan meninggalkan adat ketimuran karena sesungguhnya kasih sayang telah ada setiap harinya yang dapat kita tunjukan melalui kasih sayang kepada kedua orang tua dan keluarga. 

Sementara itu tanggal 14 Februari dari pandangan Nahdatul Ulama (NU) merupakan hari kelahiran Kiai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari  yang merupakan tokoh pendiri NU yang juga merupakan pelopor perjuangan RI yang memperjuangan Pancasila sebagai dasar negara.

”Jadikan Hari kasih sayang sebagai motivasi berkarya bentuk kasih sayang kepada  diri sendiri,orang tua dan juga masyarakat dengan kegiatan positif," terang Ridwan.

Hendaknya perayaan Valentine Day tahun 2020 ini, katanya, dapat dimaknai dengan positif dan tidak membuat generasi muda melupakan adat ketimuran, mengingat Valentine tidak sesuai dengan karakter budaya Indonesia dan cenderung menjadi ajang pergaulan bebas. 

"Bentuk  kasih sayang  dapat  ditunjukkan sepanjang waktu, bukan hanya hari tertentu. Generasi muda  harus memiliki jati diri yang religius, nasionalis, mandiri, dan berintegritas hal ini menjadi harapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di hari Valentine Day setiap tahunnya," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00