Kobe Bryant : Lima Fakta Menarik yang Perlu Kamu Ketahui

KBRN, Jakarta : Kecelakaan tragis yang merenggut nyawa legenda NBA Amerika Serikat (AS) yang menghabiskan 20 tahun karirnya bersama LA Lakers, yakni Kobe Bryant, menyisakan duka mendalam bagi penggemarnya di seluruh dunia.

Bryant berada di dalam helikopter S-76 Sikorsky yang membawanya bersama delapan orang lainnya, termasuk putrinya yang berusia 13 tahun, Gianna, yang dinyatakan tewas bersamanya dalam kecelakaan tragis tersebut.

Helikopter yang ditumpangi Bryant jatuh pada pukul 10 pagi waktu setempat di dekat Calabasas, 30 mil di barat laut pusat kota Los Angeles, akibat cuaca yang berkabut. Demikian dilansir The Guardian, seperti dilihat RRI, Senin (27/1/2020).

BACA JUGA: Kobe Bryant : Darah Olahraga Los Angeles, Inspirasi Mamba Generation

Jalan Hidup yang Menarik

Sebagai sosok legendaris baik dalam olahraga maupun secara pribadi, Kobe Bryant punya beberapa fakta yang tidak banyak diketahui orang. Berikut fakta-fakta tersebut, yang dirangkum RRI dari berbagai sumber:

1. Tahukah kamu, bahwa Kobe Bryant itu penggemar berat klub sepak bola Italia, AC Milan. Dirinya pernah tinggal menemani ayahnya, Joe, yang menjalani karir bola basket profesional di Italia selama beberapa tahun. Dari situlah, kekagumannya terhadap Rossonero mulai bersemi.

Saat mengetahui kecelakaan yang merenggut nyawa Bryant, akun Twitter resmi AC Milan, @acmilan, langsung merilis cuitan,"Kami tidak memiliki kata-kata untuk mengungkapkan betapa terkejutnya kami mendengar kematian tragis dari salah satu olahragawan terhebat sepanjang masa dan penggemar Rossonero, Kobe Bryant. Semua pikiran kita bersama keluarga mereka yang terkena dampak kecelakaan tragis ini. Kamu akan selalu dirindukan, Kobe.” tulis akun resmi AC Milan, @acmilan, seperti dilihat RRI, Senin (27/1/2020).

2. Nomor punggung di Jersey Bryant, yaitu 24, merupakan nomor 'keramat' yang 'dimuseumkan' oleh manajemen LA Lakers. Selain nomor 24, turut 'dimuseumkan' adalah nomor 8, sebagai nomor yang dikenakan Bryant di awal karirnya bersama Lakers. 

Saat Bryant pensiun dari Lakers dan menutup karirnya di NBA pada 2016 silam, nomor punggung 8 dan 24 langsung 'disegel' bersamaan oleh manajemen klub tersebut sebagai penghormatan kepada sang legenda. Tak ada satupun pemain yang bisa mengenakan dua nomor tersebut di LA Lakers.

3. Kobe Bryant dikenal sebagai sosok atlet dengan sebutan 'black mamba'. Kenapa begitu? Karena dia memiliki sebuah filosofi yang diistilahkan 'Mamba Mentality', yang diartikulasikan sebagai mentalitas pemenang, pekerja keras, tak kenal takut dan pantang menyerah dalam sebuah pertandingan. 

"jika Anda melihat saya dalam pertarungan dengan beruang, berdoalah untuk beruang itu," sebut Bryant dalam sebuah kesempatan berkaitan dengan Mamba Mentality.

4. Pemain andalan LA Lakers saat ini, LeBron James ternyata adalah penggemar berat Kobe Bryant dan pernah mendapatkan sepatu dari Bryant saat sang legenda itu selesai bertanding di Philadelphia, kota kelahiran Bryant. LeBron menangis saat mendengar kabar jatuhnya helikopter yang ditumpangi Bryant dan Gianni di California.

BACA JUGA: Kobe Bryant, Kejayaan dan Loyalitas 20 Tahun Bersama LA Lakers

Dan satu hal yang amat disesali, perburuan LeBron seumur karirnya di NBA tak pernah membawanya bermain dengan Bryant dalam satu tim, karena Kobe lebih dulu pensiun pada 2016, justru ketika LeBron baru saja menapaki karir cemerlangnya di NBA.

5. Kobe Bryant ternyata menjadi salah satu atlet NBA yang dikagumi legenda hidup NBA dan LA Lakers, yakni Kareem Abdul-Jabbar. Sang legenda hidup mengungkapkan suasana hatinya buat Kobe melalui cuitan Twitter pribadinya, @kaj33.

"Most people will remember Kobe as the magnificent athlete who inspired a whole generation of basketball players. But I will always remember him as a man who was much more than an athlete," demikian cuitan Kareem Abdul-Jabbar melalui akun pribadinya, @kaj33, seperti dilihat RRI, Senin (27/1/2020).

Kareem yang saat ini menjadi salah satu kolomnis olahraga The Guardian, melihat sosok Bryant lebih dari seorang atlet luar biasa. Tapi sebagai seorang pria sejati dalam kehidupan pribadi bersama keluarganya. Tak heran, karena dalam kesehariannya, Bryant terkenal dekat sekali dengan keempat anaknya, terutama Gianna, yang ikut tewas bersamanya dalam kecelakaan helikopter di California. (Foto: NBAE via Getty Images/Glenn James/TheGuardian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00