Persiapan Imlek, Vihara Petak Sembilan Bersolek, Warga Rutin Berdoa

KBRN, Jakarta : Sin Cia atau Perayaan Imlek jatuh pada 25 Januari 2020 mendatang. Dalam rentang waktu yang masih cukup panjang ini, persiapan sejumlah Vihara di Jakarta nampak mulai dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Salah satu yang mulai bersolek adalah Vihara Dharma Bhakti sebagai yang tertua di Jalan Kemenangan III Petak Sembilan No. 19, RT 03 / RW 02, Kota Tua, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

Ruangan dan patung-patung dewa atau rupang mulai dibersihkan. Baju patung Dewi Kwan Im yang memang rutin diganti setiap tahunnya juga mulai dilakukan demi kelancaran peribadatan nanti serta kenyamanan para pengunjung yang datang berdoa.

Salah seorang pengunjung Ibu Tjia mengatakan, dirinya menjelang Imlek ini memang kerap datang memanjatkan doa ke Vihara Petak Sembilan. Tujuannya agar nantinya terus bersambung hingga perayaan Imlek nanti. Dan tidak lupa, ia juga sudah mulai persiapan beragam kuliner tradisional yang memang disajikan saat Imlek setiap tahunnya.

"Kalau Imlek kue keranjang ciri khasnya. Seperti agama Islam itu ciri khasnya ketupat," tutur Tjia kepada RRI PRO3, Minggu (12/1/2020).

Mengenai persiapan beragam kuliner tradisional Imlek, dirinya mengutarakan bahwa sudah mulai proses masak memasak sejak malam sehari jelang perayaan. Apalagi setiap Imlek merupakan momen berkumpul seluruh keluarga besarnya.

"Anak saya lima, cucu sudah dua belas. Mereka memang masing-masing punya acara sendiri-sendiri. Tapi setiap Imlek biasanya semua kumpul," ujarnya.

Untuk doa yang dipanjatkan sejak saat ini hingga menjelang Imlek nanti, Tjia tidak meminta macam-macam selain keselamatan bagi seluruh keluarga besarnya. Dilancarkan pekerjaan, rejeki dipermudah untuk semuanya, kemanapun hendak melangkah bisa selamat tak kurang suatu apapun.

"Saya berdoa untuk keselamatan, rejeki dimudahkan, dan ya pokoknya cari makan gampang lancar buat semuanya," pungkasnya. (Sumber/Foto: Jorike Fitri-RRI PRO3)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00