UNJ Berbagi Tips Komunikasi Bisnis Saat Pandemi

KBRN, Jakarta: Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang bekerja sama dengan Kelompok Wirausaha Wanita Malaka Jaya dan Jatisampurna mengembangkan program Pengabdian Masyarakat (PKM) dengan tema Komunikasi Bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Program ini bentuk edukasi kewirausahaan untuk membantu memberdayakan wanita agar dapat berdaya mandiri secara finansial untuk membuka usaha atau mengembangkan usahanya.

Pogram PKM ini melibatkan enam dosen prodi ilmu komunikasi UNJ. Masing-masing keenam dosen tersebut memberikan materi yang berbeda bagaimana pentingnya membangun komunikasi bisnis.

Nugrahaeni Prananingrum membawakan materi tema mengenai 'Teknik Negosiasi melalui Media Online dalam Meningkatkan Usaha Home Industry untuk Ibu Rumah Tangga di Bekasi'.

Kemudian Vera Wijayanti membawakan materi dengan tema 'Edukasi pada kelompok kewirausahaan perempuan di bekasi mengenai pentingnya pengetahuan komunikasi bisnis dalam menjalankan kewirausahaan'.

Selanjutnya, Maulina Larasati Putri, membawakan materi mengenai 'Komunikasi keluarga dalam menanamkan nilai-nilai enterpreneurship', Marissa Puspita Sary dengan materi 'Pemanfaatan Sosial Media untuk Optimalisasi Potensi Wirausaha'. 

Wiratri Anindhita membawakan materi dengan tema 'Pemanfaatan IT dan Komunikasi Bagi Pengembangan Bisnis Di Kalangan Wirausaha Perempuan', serta Nada Arina Romli dengan materi 'komunikasi pemasaran menggunakan media sosial WhatsApp dan Facebook untuk promosi produk di Bekasi'.

Edukasi kelompok usaha juga diberikan pada pelaku usaha perempuan agar lebih paham dalam dunia usaha. 

“Saya membawakan tema Teknik Negosiasi melalui Media Online dalam Meningkatkan Usaha Home Industry untuk Ibu Rumah Tangga. Harapannya agar ibu rumah tangga di Bekasi dapat lebih bisa menguasai dunia usaha lewat online,” kata Nugrahaeni Prananingrum, salah satu dosen UNJ, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (20/9/2020).

“Sangat penting bagi mereka untuk memahami pentingnya pengetahuan komunikasi bisnis dalam menjalankan kewirausahaan,” kata Vera Wijayanti, dosen UNJ lainnya.

Dikatakannya, nilai-nilai kewirausahaan juga penting dimiliki tiap keluarga. Sehingga mereka bisa mengembangkan diri dalam berusaha.

“Keluarga juga perlu ditanamkan nilai-nilai enterpreneurship,” kata Maulina Larasati Putri yang juga dosen UNJ.Di era digital ini, peran media sosial pun menjadi sangat penting untuk memasarkan produk. Sehigga para peserta pun mendapat materi tentang dunia usaha dan digital.

“Pemanfaatan sosial media untuk optimalisasi potensi wirausaha juga harus dimiliki oleh pelaku usaha. Mereka harus mengetahui seluk beluk sosial media untuk berwirausaha,” tambah Marissa Puspita Sary.

Program PKM ini dilaksanakan dengan melibatkan delapan peserta secara daring melalui platform Google Meet. Materi yang dibawakan dosen prodi Ilmu Komunikasi UNJ dilakukan dengan pemutaran video yang menampilkan materi-materi tersebut yang dipandu Khairunnisa Rosdiani dan Angelita Kania, keduanya merupakan mahasiswa angkatan 2018 prodi ilmu komunikasi UNJ.

Program Pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membuka wawasan mengenai pemasaran serta komunikasi bisnis yang tepat bagi pengembangan usaha UMKM di kawasan Malaka Jaya serta Jatisampurna.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00