Ini Lima Manfaat jadi Anggota Paskibraka

Paskibraka berbaris saat mengikuti gladi kotor upacara peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (13/8/2022). Gladi tersebut digelar sebagai rangkaian persiapan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.

KBRN, Jakarta: Sedikitnya ada lima manfaat jika siswa mengikuti pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Terlebih pada momen HUT RI di Istana Negara. 

Aksi kekompakan mereka sebagai paskibraka selalu menuai banyak pujian. Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat menjadi anggota paskibraka.

1. Disiplin

Disiplin menjadi ciri khas anggota paskibraka, bahkan saat mereka sudah tidak lagi bertugas. Semasa karantina, paskibraka dilatih disiplin dalam segala aktivitas, khususnya mengikuti aturan dan jadwal yang ada.

2. Manajemen waktu baik

Pelatihan paskibraka memiliki deretan jadwal yang cukup padat, baik itu di dalam maupun luar lapangan. Manajemen waktu yang baik bisa didapatkan dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

3. Belajar kerja sama dengan tim

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu memerlukan bantuan orang lain. Dengan menjadi anggota paskibraka, akan belajar bekerja sama di dalam tim.

Kerja sama tersebut akan dilatih tiap kali anggota paskibraka latihan baris-berbaris. Ketika satu orang salah, maka satu kelompok juga akan salah.

4. Menumbuhkan rasa cinta tanah air

Seorang paskibraka pasti rutin menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta mengibarkan bendera merah putih. Aktivitas tersebut tentu membuat seorang paskibraka semakin cinta terhadap bangsa, dan negara.

5. Menanamkan rasa syukur

Saat masa karantina, dan menjadi anggota Paskibraka, maka akan lebih banyak bersyukur. Karena saat seseorang terpilih menjadi anggota paskibraka, ia berhasil bersaing dengan ribuan calon paskibraka lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar