Kumpulan Hiasan Unik Peringati HUT Ke-77 RI

KBRN, Jakarta: Setiap tahunnya di tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia pasti merayakan hari kemerdekaan. Bahkan, masyarakat selalu mengadakan banyak perlombaan untuk memeriahkannya.

Tidak hanya memperingati dengan lomba, namun masyarakat juga banyak medekorasi halam atau lingkungan rumahnya dengan berbagai hiasan. Bahkan, dekorasi tujuh belasan juga bisa dijadikan lomba di lingkungan sekitar rumah anda.

Namun, perlombaan dekorasi sekarang hanya bisa dilakukan di kampung atau di kantor. Pasalnya, saat ini pandemi virus corona tengah mewabah di seluruh dunia sehingga dekorasi kelas 17 Agustus yang unik tidak bisa dilakukan di sekolah.

Lalu pernak-pernik apa saja yang bisa membantu dekorasi kemerdekaan dilingkungan rumah anda? Berikut macam-macam pernak pernik kemerdekaan: 

1. Bendera Merah Putih 

bendera (Foto: istimewa)

Bendera merah putih ini mempunyai makna khusus. Merah berarti berani dan putih berarti suci. 

Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan. Maka tidak heran jika dilingkungan setempat banyak bendera yang dipasangkan untuk memperingatkan HUT RI setiap tahunnnya. 

2. Umbul-umbul

Umbul-umbul (Foto: istimewa)

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, memasang umbul-umbul saat HUT RI pada 17 Agustus seperti telah menjadi tradisi. Namun warna yang banyak dipakai untuk umbul-umbul adalah merah, kuning dan hijau.

3. Pernak pernik Segitiga

Hampir sama dengan umbul-umbul, perna pernik segitiga ini juga hadir dengan berbagai macam warna. Warna yang ditunjukkan tentu sebagai simbol kegembiraan masyarakat menyambut HUT RI dilingkungannya. 

4. Kertas Krepp merah putih

Kertas Crep (Foto: istimewa)

Kertas krep juga bisa menjadi properti untuk dekorasi 17 Agustus. Biasanya kertas ini banyak ditemukan pada perlombaan sepeda hias.

Dimana banyak orangtua menghias sepeda sang anak dengan berbagai warna kertas krep. Hal tersebut dilakukan untuk ikut turut lomba peringatan 17 agustus. 

5. Hiasan gelas plastik

Hiasan dari Gelas Plastik (Foto: Istimewa)

Hiasan gelas plastik bisa andalakukan dengan mewarnai gelas tersebut dengan warna merah dan putih. Lalu kaitkan di sebuah tali dan hias di pojok kelas atau bisa digantung di atas papan tulis maupun dinding di atas pintu masuk.

7. Balon warna merah dan putih 

Balon Merah Putih (Foto: istimewa)

Selain menggunakan gelas kertas atau gelas plastik berwarna merah putih, anda juga bisa menggunakan balon dengan warna merah dan putih untuk menghiasi kantor maupun kelas Anda. Gabungkan dua balon dengan warna merah putih lalu taruh keduanya pada sudut rumah anda. 

Penggunaan balon ini bisa menambah suasana kemeriahan dan keceriaan dalam menyambut HUT Ke-77 RI . Nantinya balom-balon ini juga bisa digunakan sebagai salah satu media lomba 17 Agustus, misalnya lomba meniup balon.

8. Banner Dirgahayu RI

Contoh Banner Dirgahayu RI (Foto: istimewa)

Sekarang ini tidaklah sulit untuk membuat desain spanduk. Anda bisa menggunakan aplikasi Canva yang memiliki beragam template untuk spanduk.

Desainlah spanduk sesuai persetujuan semua murid lalu isi dengan quotes tentang kemerdekaan oleh pahlawan nasional atau informasi terkait kemerdekaan itu sendiri. Termasuk juga dengan tulisan Dirgahayu HUT RI.

9. Lampion unik merah putih

Lampion Merah Putih (foto: istimewa)

Dekorasi lampion termasuk dekorasi yang sangat jarang digunakan, padahal bentuknya yang unik tentu akan sangat menarik perhatian yang melihat. Anda bisa membuat lampion dari kertas layangan, atau dari plastik berwarna merah putih. Andatinggal menggantungnya di depan pagar rumah atau di depan pintu rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar