Seputar Hari Kidal Internasional yang Diperingati Tiap 13 Agustus

Logo Hari Kidal Internasional. (Foto: Istimewa)

KBRN, Takengon: Hari Kidal Internasional diperingati para pengguna dominan tangan kiri tiap 13 Agustus, seperti Sabtu ini. Perayaan ini kali pertama dilakukan pada 1976.

Seperti namanya hari tersebut digunakan untuk mempromosikan kesadaran akan ketidaknyamanan yang dialami orang kidal. Orang kidal dari beberapa sumber menyebutkan populasinya sekitar tujuh sampai 10 persen di seluruh dunia. 

Jadi sudah pasti di dunia ini didominasi orang tangan kanan. Pada masa kini orang kidal harus beradaptasi memakai peralatan dan objek yang dibuat untuk orang dominan tangan kanan.

Dalam peringatan Hari Kidal Internasional banyak dipromosikan kesadaran akan kebutuhan khusus bagi orang tangan kiri. Dibangun pula kesadaran bahwa orang kidal mungkin mengalami skizofrenia, karena kreativitas dan imajinasi yang berlebihan.

Skizofrenia berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyakit jiwa yang ditandai oleh ketidakacuhan, halusinasi, waham untuk menghukum, dan merasa berkuasa. Namun daya berpikirnya tidak berkurang.

Hari Kidal Internasional saat ini dirayakan secara internasional. Di Britania Raya terdapat 20 kegiatan yang menandai perayaan ini, misalnya pekan kreativitas pengguna kidal, kemampularasan, dan atletisisme.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar