[Cek Fakta] Video Ufo di Tanah Abang

Sebuah postingan dalam media sosial yang menyebutkan terdapat ufo di Tanah Abang. (Foto: /turnbackhoax)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah postingan video dengan narasi "ufo sudah satu jam lebih berada diatas daerah Tanah Abang".

Saat ditelusuri melalui turnbackhoaks, video tersebut merupakan video editan. Pengunggah pertama video ini menyatakan, video tersebut merupakan hasil rekayasa menggunakan ponsel pintar dan software pengolah video.

Video tersebut merupakan hasil editan yang diunggah oleh kanal Youtube Kaufik Anril pada 26 Februari 2019. Dengan judul "UFO melayang hampir satu jam di Kota Bandung".

"Cerita diatas adalah contoh FIKSI belaka buat membuka mata kalian, betapa canggihnya teknologi komputer saat ini. Bahkan orang rumahan pun bisa merekayasa video seperti ini," tulis deskripsi kanal YouTube Kaufik Anril.

Video aja bisa, apalagi cuma foto, apalagi cuma KTP yg siapapun bisa ngeditnya. Jadi jangan mudah tertipu yaaaa¡­. apqlagi jaman hoax seperti sekarang. Cuma modal #smartphone #samsung dan software pengolah video, jadi deh.".

Maka dapat disimpulkan jika informasi dalam video tersebut adalah hoaks. Faktanya, pengunggah pmenyatakan video ini hasil rekayasa.

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/07/28/salah-video-ufo-sudah-satu-jam-lebih-berada-diatas-daerah-tanah-abang/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar