[Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Sebabkan Peningkatan Tumor

Tangkapan layar unggahan di media sosial Twitter menyebut adanya peningkatan kasus tumor/ kanker/ sarkoma karena vaksin Covid-19. Foto: Kominfohoaks

KBRN, Jakarta: Beredar unggahan di media sosial Twitter menyebut adanya peningkatan kasus tumor, kanker, sarkoma. Unggahan itu menyebut, peningkatan terjadi pada titik penyuntikan vaksinasi Covid-19 yang disebabkan material dalam vaksin.

Saat ditelusuri Kominfohoaks, Asisten Profesor Biologi Kanker dari Meharry Medical College Donald Alcendor mengatakan bahwa klaim tersebut tidak mendasar. Data uji klinis menunjukkan tidak ada hubungan antara suntikan vaksin Covid-19 dengan kanker. 

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Institut Imunologi Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania Perelman, John Wherry. Ia menyebut peningkatan kanker sama sekali tidak terkait dengan vaksin Covid-19. 

Menurut John Wherry, Sel T akan meningkat setelah seseorang disuntik vaksin dosis pertama dan akan terus meningkat dengan dosis kedua. Vaksin yang didistribusikan dan disuntikkan kepada masyarakat sudah melewati uji keamanan dan keefektifan untuk mencegah gejala akibat Covid-19.

Maka dapat disimpulkan informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Faktanya, vaksin Covid-19 tidak menyebabkan peningkatan kasus kanker.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar